Ahad 01 Aug 2021 17:45 WIB

Bupati Seram Barat Meninggal Sepulang dari RS Rujukan Covid

Belum diketahui penyebab meninggalnya Bupati Seram Barat M Yasin Payapo.

 Bupati Seram Bagian Barat Muhammad Yasin Payapo (kedua dari kanan).
Foto: Republika/Melisa Riska Putri
Bupati Seram Bagian Barat Muhammad Yasin Payapo (kedua dari kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Bupati Seram Bagian Barat (SBB) M. Yasin Payapo meninggal dunia di kediaman pribadinya di kawasan Galunggung Batumerah Atas, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, pada Ahad (1/8) sekitar pukul 12.45 WIT, sepulang dari rumah sakit rujukan Covid-19. Berdasarkan informasi yang diterima, Bupati Yasin bersama salah seorang anaknya sempat dibawa ke RSUP J. Leimena untuk mendapatkan perawatan.

RS milik Kementerian Kesehatan itu dibuka sejak Mei 2020 sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Maluku. Namun, belum diperoleh informasi yang pasti bahwa Bupati Yasin dan anaknya dibawa ke RS tersebut karena terpapar Covid-19.

Baca Juga

Direktur RSUP Leimena Celestinus Eigya Munthe membenarkan Bupati Yasin dan salah seorang anaknya sempat dirawat di RS tersebut. Namun ,keduanya kemudian meminta dipulangkan pukul 07.00 WIT.

"Memang Bupati Yasin dan salah seorang anaknya sempat dirawat di RSUP, tetapi kemudian mereka minta dipulangkan pada pukul 07.00 WIT. Jadi bukan meninggal di RSUP," katanya.

 

Plh Sekda Maluku Sadli Ie juga membenarkan kabar duka meninggalnya Bupati Yasin Payapo. "Iya pak Bupati meninggal di kediaman pribadinya. Saya sedang meminta Jubir Covid-19 Provinsi Maluku Adonia Rerung untuk mengecek penyakit yang menyebabkan bupati meninggal," katanya.

Sedangkan, dari Satgas Covid-19 Provinsi Maluku Adonia Rerung belum bisa memastikan Bupati Yasin meningal karena terpapar virus Corona. "Hasil tes PCR bupati belum keluar. Masih sementara diperiksa di laboratorium. Jadi belum bisa dipastikan meninggal karena terpapar Covid-19 atau penyakit lain," ujar Adonia.

Secara terpisah salah satu pengurus DPD Partai Hanura Provinsi Maluku Edison Sarimanella, membenarkan Bupati Yasin meninggal karena terserang penyakit asam lambung dan sempat dibawa ke RSUP Leimena untuk dirawat. "Bupati sempat dibawah ke RSUP Leimena, tetapi beliau minta untuk dipulangkan. Kami sangat kehilangan figur pemimpin yang bersahaja," katanya.

Yasin Payapo dilantik sebagai Bupati Seram Bagian Barat pada 22 Mei 2017 berpasangan dengan Timotius Akerina sebagai Wakil Bupati untuk periode pertama tahun 2017-2022. Selain itu, Yasin Payapo juga ditunjuk sebagai Ketua DPD Hanura Provinsi Maluku periode 2020 - 2025.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement