Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Surat Alquran Terpanjang dan Terpendek, Ini Penjelasannya

Ahad 01 Aug 2021 13:36 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Pembagian surat Alquran dalam Ath Thiwal hingga Al Mufasshal. Alquran (ilustrasi)

Pembagian surat Alquran dalam Ath Thiwal hingga Al Mufasshal. Alquran (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Pembagian surat Alquran dalam Ath Thiwal hingga Al Mufasshal

REPUBLIKA.CO.ID, — Surat-surat dalam Alquran memiliki kelompoknya sendiri-sendiri jika dilihat berdasarkan banyaknya jumlah ayat dalam surat atau pun berdasarkan urutan surat. 

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

أعطيتُ مكان التوراة السبعَ، وأعطيتُ مكان الزبور المِئِين، وأعطيتُ مكان الإنجيل المثاني، وفضِّلت بالمفصَّل “Aku diberi pengganti Taurat dengan Assab'a (tujuh surat panjang), dan Aku diberi pengganti Zabur dengan Al Miin (surat yang ayatnya seratusan lebih), dan Aku diberi pengganti Injil dengan Al Matsani (surat yang berulang), dan Aku diberi keutamaan dengan surat Al Mufasshal (surat-surat pendek).” 

Hadits ini menjelaskan bahwa penamaan bagian-bagian Alquran bukanlah hal yang baru (atau dilakukan pada masa sekarang). Melainkan pembagian komposisi Alquran diambil berdasarkan keterangan Nabi Muhammad SAW. 

Adapun yang dinamakan dengan Assab'a adalah tujuh surat panjang. Yaitu surat Al Baqarah, Ali Imran, An Nisa, Al Maidah, Al Anam, Al Araf, serta Al Anfal At Taubah. Di masukannya Al Anfal dan At Taubah ke  karena ada pendapat yang menyebutkan dua surat itu satu kesatuan.  

Sedang yang disebut Al Miiin adalah surat yang jumlah ayatnya mendekati seratus atau lebih. Sementara yang dinamakan surat Al Matsani adalah surat yang dibacanya berulang-ulang. Allah SWT berfirman 

كِتَابًا مُتَشَابِهًا مَثَانِيَ  “(yaitu) Alquran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang.” (QS Az Zumar 23)

وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي  “Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang.” ( QS Al Hijr 87) 

Dan sebenarnya Alquran semuanya disebut Al Matsani, karena berbagai kabar dan kisah-kisah diulang-ulang dalam Alquran.   

Tujuh ayat yang diulang-ulang itu adalah ayat surat Al fatihah yang disebut Al Matsani karena berulangkali diucapkankan dalam rakaat sholat. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA