Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Milad ke-19, BSMI NTB Donor Darah dan Plasma

Ahad 01 Aug 2021 13:10 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

Ketua BSMI NTB Dr dr Rohadi saat donor darah

Ketua BSMI NTB Dr dr Rohadi saat donor darah

Foto: Dok BSMI NTB
Kegiatan donor darah dilaksanakan hingga akhir bulan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka tasyakur Milad ke-19 Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) pada Juni lalu, BSMI NTB mengadakan kegiatan donor darah relawan. Bekerjasama dengan pihak UTDRS RSUD Provinsi, kegiatan dilaksanakan selama periode bulan Juni dan diawali lansung oleh Ketua BSMI NTB Dr. dr. Rohadi, Sp.BS. Rohadi menjadi pendonor pertama tepat di hari Milad BSMI, tanggal 8 Juni yang kemudian disusul oleh pengurus dan relawan BSMI lainnya.

Menurut dia, kegiatan donor darah sengaja dilaksanakan hingga akhir bulan  agar para relawan memiliki waktu untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun mental terutama bagi para relawan yang baru pertama kali ikut menjadi donor. Hal ini juga karena mempertimbangkan sebagian besar relawan adalah tim medis dan tenaga kesehatan. Pelaksanaan kegiatan donor dengan waktu yang panjang memudahkan para relawan mengatur waktu sempatnya masing-masing untuk datang ke UTDRS.

"Dan hal seperti ini juga dapat menghindari kerumunan atau penumpukan di lokasi mengingat kondisi masih pandemi," jelas dr Rohadi saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut lewat keterangan tertulis kepada Republika.

"Selain donor darah, ada beberapa relawan yang pernah terpapar dalam tiga bulan terakhir juga turut  berikhtiar untuk donor plasma konvalense guna membantu para pasien yang membutuhkan di RS COVID RSUD Provinsi,"jelas dia.

Tak hanya kegiatan donor darah, BSMI NTB juga menyalurkan bantuan berupa buku kepada beberapa komunitas Literasi di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur. Buku tersebut merupakan catatan perjalanan kemanusiaan para relawan BSMI baik di nasional maupun internasional. Saat bencanan juga saat terjadi konflik peperangan. Dua judul buku yang disalurkan adalah Membalut Luka Gaza dan Jejak Kisah Relawan Kemanusiaan.

Kegiatan dalam rangka mensyukuri Milad BSMI juga tidak hanya terlaksana di Kota Mataram, tapi juga di Lombok Timur. BSMI Lombok Timur pada tanggal 13 Juni melakukan kegiatan donor darah di RSUD dr. Raden Soedjono Selong pada tanggal 13 Juni. Sementara itu, BSMI Kabupaten Sumbawa Barat juga tak mau ketinggalan dengan melaksanakan kegiatan penyaluran Al-Qur'an khusus untuk para santri ke pondok tahfidz Al-Muhajirin, KSB.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA