Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

ASN Jabar Buat Aksi Solidaritas Salurkan 7.946 Paket Sembako

Ahad 01 Aug 2021 10:48 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4  (ilustrasi)

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 (ilustrasi)

Foto: Humas Pemprov Jabar
Gerakan aksi solidaritas ini sdiinisiasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jawa Barat terus menggalang aksi solidaritas bertajuk “Gerakan Solidaritas ASN Jabar Juara” sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Per 25 Juli 2021, para ASN telah menyalurkan 7.946 paket sembako, 2.485 paket alat pelindung diri, 646 paket nasi boks, 300 paket air mineral, dan uang tunai sebesar Rp 29.300.000. 

Gerakan yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini dilatarbelakangi fakta banyak masyarakat yang bergantung pada penghasilan harian dan belum terjamah bantuan sosial pemerintah. ASN Jabar, kemudian bahu-membahu dengan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pembagiannya dilakukan secara door to door dilakukan masing- masing perangkat daerah. 

Baca Juga

Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, penggalangan dana ini berawal dari rasa empati dan kesukarelaan ASN di masing-masing perangkat daerah untuk membantu masyarakat terdampak PPKM Darurat. “Penggalangan dana ini secara sukarela dihimpun ASN di masing-masing perangkat daerah. Dari mulai pengumpulan dana secara sukarela sampai pembagian sembako secara door to door yang langsung diserahkan oleh pimpinan perangkat daerah kepada masyarakat yang terdampak PPKM,” ujar Setiawan Wangsaatmaja, akhir pekan ini.

Setiawan memandang aksi Gerakan Solidaritas ASN Jabar Juara secara tidak langsung sebagai kehadiran pemerintah untuk berdiri bersama dan meringankan beban masyarakat di dalam situasi sulit ini.“Pak Gubernur dan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jabar turut bahu membahu membantu masyarakat yang terdampak PPKM, bantuan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk hadir, membantu dan menyemangati masyarakat dalam situasi sulit ini,” paparnya Setiawan. 

Gerakan Solidaritas ASN Jabar Juara diawali oleh pembagian paket sembako oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Selasa (20/7) dengan cara berkeliling pakai motor, yang kemudian disusul para perangkat daerah yang membagikan paket sembako pada 24-25 Juli 2021. Paket sembako langsung diserahkan pimpinan perangkat daerah dengan mendatangni langsung masyarakat terdampak Covid-19 di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA