Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Mencuci dengan Larutan Saline Bantu Legakan Hidung Tersumbat

Sabtu 07 Aug 2021 07:45 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda

Larutan saline NaCl 0,9%, transofix (alat penyambung, warna hijau di foto), dan spuit tanpa jarum suntik, serta cangkir bersih dibutuhkan untuk perlengkapan cuci hidung di rumah.

Larutan saline NaCl 0,9%, transofix (alat penyambung, warna hijau di foto), dan spuit tanpa jarum suntik, serta cangkir bersih dibutuhkan untuk perlengkapan cuci hidung di rumah.

Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Mencuci hidung dengan larutan saline dapat melegakan hidung tersumbat.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mencuci hidung dengan larutan garam fisiologi (saline) merupakan cara yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Laporan yang diterbitkan jurnal American Family Physician (AAFP) mendukung klaim kesehatan tersebut.

Studi itu ditulis oleh David Rabago dan Aleksandra Zgierska dari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat University of Wisconsin, Madison, Amerika Serikat. Laporan mereka menghadirkan bukti yang mendukung penggunaan semprotan hidung saline dan cairan pencuci hidung saline untuk mengelola gejala rhinitis alergi dan infeksi akut saluran pernapasan atas.

Baca Juga

Hanya saja, sebagian orang ada yang kemudian penyakit pernapasannya menjadi kronis. Rhinitis perennial, misalnya, dapat berlangsung sepanjang tahun dan membuat penderitanya pilek tak kunjung sembuh.

Hidung mereka bisa tersumbat dan terus ingusan sepanjang tahun.
Biasanya, orang yang mengalami alergi kronis seperti itu kemudian jadi bergantung pada antibiotik, ekspektoran atau obat pengencer lendir, dan obat penurun demam untuk mengatasi masalahnya.

Dokter sering meresepkan obat dengan jangka waktu terbatas untuk mengatasi penyakit dan menghindari komplikasi yang timbul dari ketergantungan jangka panjang. Untuk mengurangi kerentanan terhadap masalah pernapasan dan menghindari ketergantungan yang berlebihan pada obat-obatan maka tetap penting untuk menjaga kebersihan hidung.

Rabago mengatakan, saluran hidung bertindak sebagai jalur ke paru-paru. Membersihkannya dapat mengurangi kemungkinan patogen, alergen, dan polutan memasuki paru-paru atau menghalangi hidung.

Oleh karena itu, mencuci hidung dengan larutan saline adalah cara yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Prinsipnya, menurut Rabago, sama seperti mencuci tangan dengan sabun yang diperlukan untuk menghilangkan kuman dari tangan.

"Mencuci hidung dengan larutan saline sangat penting untuk membersihkan rongga hidung dan mencegah masuknya debu, alergen, kuman, dan lainnya ke dalam tubuh," kata Rabago, dikutip dari India Today, Sabtu (7/8).

Secara konvensional, pencucian hidung dapat dilakukan menggunakan neti pot, teko kecil dengan corong yang panjang. Orang hanya perlu menuangkan campuran soda kue dengan air garam yang telah disuling melalui lubang hidung untuk mengeluarkan lendir dan alergen, seperti serbuk sari dan debu.

Larutan saline juga menghidrasi dan meredakan peradangan pada selaput lendir yang melapisi sinus. Langkah sederhana ini dapat membantu orang bernapas dengan mudah dan menjaga kesehatan hidungnya dalam kondisi optimal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA