Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Kejaksaan Hentikan Penuntutan Tersangka Korupsi Asabri Wafat

Sabtu 31 Jul 2021 22:51 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kejaksaan Hentikan Penuntutan Tersangka Korupsi Asabri Wafat. Ilustrasi persidangan Asabri

Kejaksaan Hentikan Penuntutan Tersangka Korupsi Asabri Wafat. Ilustrasi persidangan Asabri

Foto: Dok Republika
Tak ada penjelasan apa yang menjadi sebab kematiannya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kejaksaan Agung (Kejakgung) mengabarkan salah satu tersangka kasus PT Asabri, yakni Ilham Wardahan Siregar meninggal dunia, Sabtu (31/7). Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kajari Jaktim) Ardito Muwardi menyampaikan, akan menerbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKPP) terhadap mantan Kepala Divisi Investasi Asabri 2012-2017 tersebut.

“SKPP akan diterbitkan, setelah pihak rumah sakit, mengeluarkan surat kematian atas yang bersangkutan (Ilham Wardahan Siregar),” ujar Ardito, saat dihubungi Republika, Sabtu (31/7) malam. Ardito menerangkan, Ilham Wardhana Siregar, dinyatakan meninggal dunia saat dalam perawatan di Rumah Sakit An-Nisa, Tangerang, pada Sabtu (31/7) sekitar pukul 17:28 WIB. 

Tak ada penjelasan apa yang menjadi sebab kematiannya. Ardito hanya memastikan, Ilham Wardahan Siregar meninggal karena sakit. “Penyebabnya (meninggal) karena sakit. Sakitnya apa, silakan nanti ditanyakan kepada PH-nya (penasehat hukum),” terang Ardito. Ia menambahkan, status Ilham Wardhana Siregar saat meninggal sebagai tersangka, dan dalam masa penahanan limpahan dari Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejakgung.

Sejak 1 Februari lalu, setelah ditetapkan sebagai tersangka, Ilham Wardahan Siregar ditahan di Rutan Kelas I Jambe, Tiga Raksa, Tangerang. Berkas penyidikannya, sudah dilimpahkan ke penuntutan Kejari Jaktim, pada Jumat (28/5) lalu sebelum disorongkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta. Sejak pelimpahan, tim penuntutan Kejari Jaktim, memindahkan Ilham Wardhana Siregar ke Rutan Kejari Jakarta Selatan (Jaksel).

Ardito menambahkan, setelah pemindahan lokasi penahanan tersebut, Ilham Wardhana Siregar sudah dalam kondisi sakit, dan dalam perawatan. Sejak pekan lalu, kata Ardito, Kejari Jaktim memberikan pembantaran terhadapnya untuk dirawat di rumah sakit. “Pembantaran sudah dilakukan sejak 21 Juli lalu untuk yang bersangkutan dapat perawatan di rumah sakit,” terang Ardito. Akan tetapi, perawatan terhadap Ilham Wardhana Siregar, membawanya ke tutup usia, pada Sabtu (31/7).

Ilham Wardhana Siregar, satu dari sembilan tersangka perorangan  dalam kasus korupsi, dan TPPU di PT Asabri yang merugikan negara Rp 22,78 triliun. Ia adalah mantan Kepala Divisi Investasi PT Asabri, periode 2012-2017. Tersangka lain dari jajaran direksi Asabri, dalam kasus tersebut, yakni Hari Setiono, Bachtiar Effendi, Sonny Widjaja, dan Adam Rachmat Damiri. Adapun tersangka dari kalangan swasta, yakni Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat, Jimmy Sutopo, dan Lukman Purnomosidi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA