Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Bale dan Trippier Dapat Status Pemain Non-EU

Sabtu 31 Jul 2021 23:20 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Gareth Bale dari Wales menata rambutnya saat pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Wales dan Denmark di Johan Cruyff ArenA di Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/6).

Gareth Bale dari Wales menata rambutnya saat pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Wales dan Denmark di Johan Cruyff ArenA di Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/6).

Foto: Dean Mouhtaropoulos/Pool via AP
Kondisi ini pun berimbas pada status pemain-pemain asal Britania Raya

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sejumlah pemain asal Britania Raya yang berlaga di dua divisi teratas Liga Spanyol akan mendapatkan pengecualian terkait statusnya sebagai pemain non-Uni Eropa (EU).

Pemain-pemain tersebut termasuk winger Real Madrid, Gareth Bale, dan pemain bertahan Atletico Madarid, Kieran Trippier. Pemerintah Inggris memutuskan untuk keluar dari keanggotaan Uni Eropa terhitung mulai 31 Januari 2020 atau yang bisa dikenal (Brexit).

Kondisi ini pun berimbas pada status pemain-pemain asal Britania Raya yang berlaga di sejumlah liga top Eropa, termasuk Liga Spanyol. Pemain-pemain tersebut akan mengalami perubahan status di klubnya masing-masing.

Para pemain tersebut menjadi pemain yang berasal dari luar Uni Eropa (Non-EU). Namun, berdasarkan kesepakatan yang telah dicapai La Liga dan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada akhir 2020, pemain-pemain asal Britania Raya itu mendapatkan pengecualian terkait statusnya.

Selama 12 bulan sejak berlakunya Brexit, pemain-pemain asal Britania Raya yang berlaga di dua divisi teratas Liga Spanyol akan tetap sebagai pemain Uni-Eropa. Namun, berdasarkan lansiran Marca ada sejumlah perubahan dalam kesepakatan antara La Liga dengan RFEF terkait status pemain asal Britania Raya tersebut.

''Para pemain-pemain tersebut akan tetap terdaftar sebagai pemain Uni Eropa hingga kontraknya dengan klub asal Spanyol resmi berakhir. Namun, ketentuan ini hanya berlaku buat pemain-pemain yang didatangkan sebelum berlakunya Brexit,'' tulis laporan Marca, Sabtu (23/7).

Berdasarkan ketentuan tersebut, Bale dan Trippier bisa tetap terdaftar sebagai pemain Uni-Eropa di klubnya masing-masing. Sementara Bale resmi bergabung bersama Madrid pada 2013, Trippier hijrah ke Los Rojiblancos pada 2019.

Kondisi ini pun bertahan hingga kontrak Bale habis pada 2022 dan kontrak Trippier berakhir pada 2023 mendatang. Selain Bale dan Trippier, ada pula gelandang Celta Vigo, Jordan Holsgrove, dan sejumlah pemain di divisi kedua Liga Spanyol yang mendapatkan pengecualian terkait statusnya sebagai pemain Uni-Eropa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA