Sabtu 31 Jul 2021 17:34 WIB

Begini Cara Paling Mudah untuk Gagalkan Peretasan

Me-restast smartphone ternyata bisa mencegah peretasan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Peretas (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Peretas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND--Peretasan smartphone tentu jadi hal yang perlu dihindari. Karena, peretas bisa menyalahgunakan beragam akses yang ada dalam gawai.

Dikutip dari Ubergizmo pada Sabtu (31/7), ternyata pengguna gawai dapat dengan mudah menggagalkan aksi para peretas. Karena, hanya dengan melakukan restart gawai, maka hal itu akan menghambat upaya hackers dalam menyalahgunakan kemampuan mereka.

Baca Juga

Cara sederhana ini pun telah terbukti ampuh. Bahkan, cara ini juga disarankan oleh National Security Agency (NSA).

Cara ini dianggap efektif karena biasanya peretas melakukan aksinya lewat in-memory payloads. Namun, proses in-memory payloads atau memuat informasi dari memory dapat digagalkan saat ponsel melakukan rebooting.

Nah, rebooting biasanya terjadi saat restart. Oleh karena itu, restart adalah cara yang cukup ampuh dalam menggagalkan upaya para peretas.

Menurut NSA, cara ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Mengingat, cara ini cukup sederhana dan singkat tapi mampu memberikan dampak yang optimal.

Selain cara ini, NSA juga menyarankan untuk mematikan sejumlah fitur saat sedang tidak digunakan. Beberapa fitur yang sebaiknya dimatikan saat tak digunakan adalah bluetooth dan data lokasi.

Selain itu, untuk menghindari peretasan, masyarakat juga disarankan untuk menggunakan public WiFi. Dengan beragam cara itu, maka peretas akan semakin dibuat kesulitan untuk mampu menyalahgunakan data pribadi pengguna.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement