Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Ben White, Pemain Termahal Ketiga Sepanjang Sejarah Arsenal

Sabtu 31 Jul 2021 15:23 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Pemain Brighton Ben White

Pemain Brighton Ben White

Foto: AP / Ian Walton, Kolam
Ben White ditebus oleh Arsenal dengan harga 50 juta poundsterling dari Brighton.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal resmi menuntaskan kepindahan Ben White dari Brighton and Hove Albion. Bek tengah berusia 23 tahun itu ditebus The Gunners dengan nilai transfer mencapai 50 juta poundsterling ( 1 triliun rupiah). 

Besaran nilai transfer ini menjadikan White sebagai pemain termahal ketiga yang pernah didatangkan The Gunners. Nicolas Pepe masih menjadi pemain termahal klub asal London itu saat direkrut dari Lille dengan nilai transfer mencapai 75 juta poundsterling pada awal musim 2019/2020. 

Baca Juga

Sebelumnya, status pemain termahal Arsenal menjadi miliki Pierre Emerick-Aubameyang kala didatangkan dari Borussia Dortmund pada pertengahan musim 2017/2018. Pada saat itu, Arsenal membayar nilai transfer sebesar 56 juta poundsterling. 

Kini, berada di bawah Aubameyang, ada nama White. Jebolan akademi sepak bola Southampton itu menggeser Alexandre Lacazette dalam daftar pemain termahal yang pernah direkrut meriam London. 

Pada jendela transfer musim panas kali ini, White menjadi rekrutan ketiga The Gunners. Sebelumnya, peringkat kedelapan Liga Primer Inggris musim lalu itu telah mendatangkan Albert Sambi Lokonga dari Anderlecht dan Nuno Tavares dari Benfica. Total, Arsenal telah menghabiskan dana transfer sebesar 75 juta poundsterling. 

Secara khusus, White akan diplot untuk menggantikan David Luiz, yang kontraknya telah berakhir. Penampilan impresif White dalam dua musim terakhir membuat Arsenal berminat memboyongnya ke Stadion Emirates.

Saat melakoni masa peminjaman di Leeds United, Whites sukses mengantarkan Leeds United merengkuh juara Divisi Championship pada musim 2019/2020. Penampian impresif di Leeds United tersebut mengantarkan White menjadi andalan utama di Brighton and Hove ALbion. 

Pada musim lalu, White hanya absen di dua laga di sepanjang Liga Primer Inggris. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menyebut, White merupakan pemain yang cerdas dan memiliki gaya permainan yang unik. Pelatih asal Spanyol itu pun yakin, White bisa langsung beradaptasi dengan gaya permainan The Gunners

''Ben adalah pemain belakang cerdik dan begitu nyaman saat menguasai bola. Gaya permainan sangat cocok dengan permainan kami. Selain itu, dia masih muda dan profilnya cocok dengan apa yang kami bangun. Ben dapat menjadi pusat dari rencana jangka panjang kami,'' tutur Arteta seperti dilansir laman resmi klub.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA