Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Sandiaga Serahkan Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil

Sabtu 31 Jul 2021 15:11 WIB

Red: Agus Yulianto

Pengusaha sukses, Sandiaga Uno.

Pengusaha sukses, Sandiaga Uno.

Foto: Dok. Kemenparekraf
Pandemi Covid 19, telah memberikan dampak signifikan bagi para pedagang kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang juga pengusaha sukse Sandiaga Salahudin Uno menyerahkan bantuan untuk anak pedangan kecil yang terdampak pandemi Covid-19. Beasiswa KAHMIpreneur ini merupakan kali kedua yang diberikan untuk pelajar dan mahasiswa di Tanah Air.

Menparekraf Sandiaga Uno yang juga pengusaha sukses mengatakan, saat ini, adalah kondisi yang sangat prihatin bagi masyarakat Indonesia. Pandemi Covid 19, telah memberikan dampak signifikan bagi para pedagang kecil.

"Saudara-saudara kita kini terdampak pandemi, banyak kehilangan mata pencarian, khususnya para pedagang kecil. Kondisi ini menyebabkan perekonomian mereka terganggu," ujarnya dalam acara daring 'Penyerahan Beasiswa Program Mahasiswa Anak Pedagang Kecil' yang dipantau Republika.co.id, Sabtu (31/7). 

Karenanya, kata dia, beasiswa bagi anak pedagang kecil ini adalah kegiatan yang sangat berpihak. "Covid meningkatkan rasa kemanusiaan kita. Pedagang kecil tulang punggung ekonomi kita. Dulu saya juga seorang pedagang yang tergabung di UMKM. Alhamdulian, sekarang usaha saya baik dan mampu merektrut 35 ribu pekerja," ujarnya.

Karena itu juga, kata Sandiaga, yang dibutuhhkan adik-adik penerima beasiswa ini adalah pendidikan, agar bisa meningkatkaan keahliannnya. "Saya yakin, dibalik tiap kesulitan ada jalan kemudahan. Saya yakin, adik-adik bisa mengatasi tantangan itu. Bangkit di saat sulit, menang atasi tantangan itu," tegasnya.

Putri Indriani P, mahasiswi semester 6 STIKOM Ambon mengatakan, beasiswa KAHMIpreneur sangat membatu bagi keluarga yang terdampak pandemi covid. "Apalagi, belajar secara daring, kita butuh biaya sangat mahal. Di sisi lain, kita nggak dapat bantuan dari kampus atau pemerintah," ujarnya.

Karenanya, kata dia, dengan beasiswa itu, jelas sangat meringankan beban orang tua. "Apalagi, saya mau turun PKL dan butuh biaya. Dan beasiswa ini sangat membantu sekali," ujarnya.

Beasiswa KAHMIpreneur tahun 2021 ini, berikan kepada 1.000 pelajar dan mahasiswa dengan lima kategori, yakni SD, SMP, SMA, mahasiswa dan yatim piatu. Dikatakan Co Fouder KAHMIpreneur George Edwin dalam acara daring 'Penyerahan Bantuan Program Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil', penyerahan beasiswa tahun 2021 ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan KAHMIpreneur. 

"Ini yang kedua kalinya setelah tahun lalu KAHMIpreneur memberikan beasiswa ke masyarakat indonesia," ujarnya. 

Dia menyebutkan, pada 2020 ada sebanyak 30 ribu pendaftar beasiswa, tapi hanya 200 yang berhak mendapatkannya. Sementara untuk 2021, jumlah pendaftar naik 400 persen yakni menjadi 116 ribu orang dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 1.000 orang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA