Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Biden Ramalkan Jakarta Tenggelam, Wagub: Insya Allah Tidak

Sabtu 31 Jul 2021 14:25 WIB

Rep: Febryan. A/ Red: Bayu Hermawan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan)

Foto: ANTARA/RENO ESNIR
Wagub DKI mengatakan Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mencegah Jakarta tenggelam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengomentari prediksi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahwa Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi. Riza mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah dan akan terus berupaya mencegah hal itu terjadi.

"Memang di Jakarta datarannya rendah dan di Jakarta ada penurunan permukaan tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun (lagi) Jakarta tenggelam," kata Riza kepada wartawan, Sabtu (31/7). 

Baca Juga

Riza menjelaskan, sejumlah upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah Jakarta tenggelam. Salah satu di antaranya adalah mengurangi penggunaan air tanah. Caranya dengan meningkatkan pipanisasi PAM Jaya agar masyarakat tak lagi menggunakan air tanah. 

Selain itu, lanjut Ariza, pihaknya juga sudah menyiapkan program untuk mengurangi dampak banjir rob di Jakarta Utara. Semua upaya itu diyakini Ariza bisa mencegah Jakarta tenggelam. 

"Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam. Jadi Insya Allah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi," ujarnya. 

Sebelumnya, Joe Biden membahas perubahan iklim dan pemanasan global dalam pidatonya di Kantor Direktur Intelijen Nasional, Selasa (27/7). Pemanasan global, kata dia, akan mencairkan es di kutub sehingga membuat permukaan air laut naik.

Kenaikan permukaan air laut itu, kata dia, juga akan membuat ibu kota Indonesia, Jakarta, tenggelam. "Apa yang terjadi di Indonesia jika perkiraannya benar, bahwa dalam 10 tahun ke depan mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena akan tenggelam?" kata Biden.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA