Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Universitas BSI Uji Kemampuan Programming Mahasiswa

Sabtu 31 Jul 2021 13:42 WIB

Red: Hiru Muhammad

Program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bekerja sama dengan Cisco Networking Academy dan Python Institute menyelenggarakan workshop pembekalan uji pengetahuan PCAP–Programming Essentials in Python.

Program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bekerja sama dengan Cisco Networking Academy dan Python Institute menyelenggarakan workshop pembekalan uji pengetahuan PCAP–Programming Essentials in Python.

Foto: istimewa
Workshop ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bekerja sama dengan Cisco Networking Academy dan Python Institute menyelenggarakan workshop pembekalan uji pengetahuan PCAP–Programming Essentials in Python.

Workshop ini dilaksanakan secara virtual pada Senin (26/7) silam melalui zoom cloud meetings. Dengan menghadirkan Rian Septian Anwar, Instruktur dari Cisco Networking Academy Universitas BSI. Kegiatan ini dipandu oleh Bambang Eka Purnama yang merupakan dosen Universitas BSI. 

Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI, Didi Rosiyadi menyampaikan bahwa kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa prodi Sistem Informasi yang saat ini duduk pada semester kedua. 

“Workshop ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa, agar lebih memahami tentang bagaimana prosedur dan pelaksanaan PCAP–Programming Essentials in Python nantinya,” tutur Didi dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7).

Sementara itu, Rian sebagai narasumber yang sudah ahli di bidang ini memaparkan materi tentang python dan pentingnya belajar bahasa pemrograman ini.“Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan web backend, analisis data, serta berbagai komputasi ilmiah,” ujar Rian, Senin (26/7) lalu.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan python, sebut saja seperti google dan facebook, siapa yang tidak kenal kedua perusahaan besar itu.

“Ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pelaksanaan dan menghadapi sertifikasi yang akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan nanti. Sertifikasi ini akan dimulai dari 26 Juli hingga 27 Agustus 2021 nanti,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI, Sriyadi mengatakan hal ini merupakan peluang mahasiswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam hal programming menggunakan bahasa pemrograman Python. 

“Sehingga ketika mereka lulus dan mendapatkan sertifikat kompetensi, sertifikat ini dapat menjadi bekal bagi mereka sebagai lulusan IT. Tentunya nanti dapat digunakan saat mereka terjun ke dunia industri dan juga yang akan terekam pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI),” kata Sriyadi.

Ia pun berharap, mahasiswa Universitas BSI bisa lulus semua dari uji sertifikasi PCAP–Programming Essentials in Python ini.“Semoga seluruh peserta uji sertifikasi PCAP dapat lulus dengan nilai yang sempurna. Dan kelak sertifikat ini dapat berguna sebagai bukti keahlian mereka,” tuturnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA