Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Mulai 1 Agustus, Turis yang Sudah Divaksin Bisa Berwisata ke Saudi

Ahad 01 Aug 2021 05:19 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

Mulai 1 Agustus, Turis yang Sudah Divaksin Bisa Berwisata ke Saudi

Mulai 1 Agustus, Turis yang Sudah Divaksin Bisa Berwisata ke Saudi

Kementerian Pariwisata Arab Saudi kembali mengizinkan turis masuk negaranya

Setelah 17 bulan menutup akses perbatasan, Arab Saudi mengumumkan pada Jumat (30/07) akan membuka kembali sektor pariwisata untuk turis asing yang telah divaksinasi penuh.

Namun, Riyadh tidak mengumumkan pencabutan pembatasan umrah dan haji, yang biasanya menarik jutaan muslim dari seluruh dunia. "Kementerian Pariwisata mengumumkan, Kerajaan akan membuka pintunya bagi turis asing dan mencabut ... penangguhan masuk bagi pemegang visa turis mulai 1 Agustus," lapor Saudi Press Agency.

Tanpa harus karantina

Para wisatawan yang diizinkan masuk harus telah menjalani vaksinasi dengan vaksin yang disetujui pemerintah Saudi, yakni Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, Moderna atau Johnson & Johnson.

Mereka akan dapat memasuki kerajaan "tanpa perlu karantina institusional" asalkan memiliki bukti PCR negatif, melakukan serangkaian tes selama 72 jam terakhir, dan mendaftarkan rincian tersebut ke otoritas kesehatan.

Percepat upaya vaksinasi

Riyadh telah menghabiskan miliaran dolar untuk mencoba membangun industri pariwisata dari awal, sebagai bagian dari upaya mendiversifikasi ekonominya yang bergantung pada minyak. Kerajaan yang dulu tertutup itu mulai mengeluarkan visa turis untuk pertama kalinya pada 2019, sebagai upaya mengubah citra globalnya dan menarik pengunjung.

Pandemi COVID-19 juga sangat mengganggu perjalanan haji dan umrah, yang biasanya merupakan sumber pendapatan utama bagi kerajaan. Saat ini hanya jemaah yang divaksin di Arab Saudi yang diizinkan untuk umrah.

Sejauh ini, 26 juta dosis telah diberikan kepada 35 juta warga di Arab Saudi. Kerajaan memastikan mulai 1 Agustus 2021, vaksinasi menjadi syarat utama bagi pegawai pemerintahan dan swasta, termasuk mereka yang berkecimpung dalam sektor pendidikan, hiburan, dan sarana umum.

ha/as (AFP)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA