Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

5 Manfaat Meditasi Pernapasan

Sabtu 31 Jul 2021 01:08 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Dwi Murdaningsih

Perempuan Meditasi (Ilustrasi)

Perempuan Meditasi (Ilustrasi)

Foto: Google
Saat bernapas, kita bisa mengeluarkan beban yang ada di pikiran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap hari kita disibukkan dengan berbagai pekerjaan. Belum lagi kita harus mengurus rumah setelah bekerja seharian, dan membutuhkan istirahat. Bahkan kita merasa 24 jam sangat kurang. 

Jika memang demikian, kita membutuhkan istirahat. Berikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan pikiran dengan melakukan meditasi pernapasan.

Baca Juga

Psikolog sekalifus konselor dari aplikasi konseling Riliv, Prita Yulia Maharani menjelaskan, teknik meditasi pernapasan mendorong kita untuk mengatur pernapasan.

“Ketika Anda menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah Anda akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran, sehingga setelah melakukan meditasi Anda bisa merasa lebih tenang. Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan," kata Prita dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (28/7). 

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit. Sebab, kita hanya perlu meluangkan waktu selama tiga menit hingga lima menit. Berikut beberapa manfaar dari meditasi pernafasan. 

Meningkatkan suasana hati dan kemampuan regulasi emosi

Saat sibuk beraktivitas, seringkali membuat kita merasa. Sayangnya, ini berdampak kepada suasana hati yang memburuk dan emosi yang tidak stabil.

Padahal penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, kecewa. Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan. 

Memperbaiki kualitas tidur

Bukan rahasia lagi kalau mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sulit. Padahal setelah seharian bekerja, kita berharap bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika kiY menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur. 

Melancarkan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit bisa diatasi dengan melakukan meditasi. Meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal. 

Meningkatkan konsentrasi

Kita semua juga bisa mengatasi dengan melakukan meditasi. Meditasi pernapasan terbukti dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas. 

Meningkatkan ketenangan batin

Manfaat lain dari meditasi pernapasan adalah membuat jiwa dan pikiran  menjadi lebih fresh, tenang, dan damai. Perasaan tenang ini membuat kut menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku. Sebab kita  benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan kita dapatkan dari perilaku tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA