Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

5 Faktor Mudahkan Sholat Malam dan Alasannya Menurut Ulama

Sabtu 31 Jul 2021 00:06 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Syekh Aidh Al Qarni menjabarkan faktor-faktor yang memudahkan sholat malam. Ilustrasi sholat malam

Syekh Aidh Al Qarni menjabarkan faktor-faktor yang memudahkan sholat malam. Ilustrasi sholat malam

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Syekh Aidh Al Qarni menjabarkan faktor-faktor yang memudahkan sholat malam

REPUBLIKA.CO.ID, – Melaksanakan sholat malam bagi sebagian orang adalah hal yang berat. Bagi sebagian orang pula, sholat malam kerap kali masih terlewat meski sudah berniat melakukannya. 

Bagaimana cara agar terbangun dengan mudah untuk sholat malam? Syekh Aidh Abdullah Al Qarny, dalam bukunya yang dialihbahasakan dengan judul Jangan Takut Hadapi Hidup memberikan lima kiat agar mudah menunaikan sholat malam sebaga berikut:  

Baca Juga

1. Memikirkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Ini sesuai dengan firman-Nya: 

اِنَّ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَاخۡتِلَافِ الَّيۡلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الۡاَلۡبَابِ الَّذِيۡنَ يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوۡدًا وَّعَلٰى جُنُوۡبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُوۡنَ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هٰذَا بَاطِلًا ۚ سُبۡحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka." (QS Ali Imran ayat 190-191).

2. Biasakan membaca wirid sebagaimana diajarkan Rasulullah ﷺ kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fatimah RA, yaitu membaca tasbih (subhanallah) sebanyak 33 kali, tahmid (alhamdulillah) sebanyak sebanyak 33 kali, dan takbir (allahu akbar) sebanyak 34 kali. (HR Bukhari).

3. Usahakan tidak melakukan maksiat pada siang harinya. Seseorang berkata kepada Hasan Al Bashri, "Wahai Abu Sa'id, mengapa aku tidak bisa sholat malam?" Dia menjawab, "Demi Allah, kesalahan dan kemaksiatan yang kamu lakukan di siang hari telah mengikatmu". 

4. Hendaknya tidak begadang sampai larut malam, karena pada masa sekarang, banyak orang yang tidak tidur di malam hari hanya untuk menumpuk dosa dan melakukan sesuatu yang tidak diridhai Allah SWT. 

Bagaimana mungkin bisa bangun kalau mereka tidur jam 12 atau jam satu malam, sementara pada jam-jam itu merupakan saat yang terbaik untuk melaksanakan sholatsebagaimana yang sering dilakukan salaf saleh?

5. Membiasakan tidur qailulah (tidur sebentar di siang hari sebelum atau sesudah zhuhur) sebagai persiapan untuk melaksanakan sholat malam dan menggapai ridha Allah SWT.

Sholat malam merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan Rasulullah ﷺ dan menjadi syiar Islam di masa sekarang, di mana banyak orang yang melepas imannya, enggan melakukan muhasabah (mengevaluasi diri), dan jauh dari Allah SWT.     

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA