Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Waktu Dzikir Petang yang Dianjurkan

Jumat 30 Jul 2021 17:59 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Waktu Dzikir Petang yang Dianjurkan

Waktu Dzikir Petang yang Dianjurkan

Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Para ulama berselisih pendapat dalam permulaan waktu dzikir petang dan akhirnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak amalan yang bisa dikerjakan umat Islam agar dimudahkan segala urusannya dan dilindungi Allah SWT. Salah satunya adalah dengan mengamalkan dzikir petang.

Namun, kapan dzikir petang itu bisa diamalkan? Dalam buku Hadiah Indah Penjelasan tentang Sunnah-Sunnah Sehari-hari karya Abdullah Hamud al Furaih dijelaskan para ulama berselisih pendapat dalam permulaan waktu dzikir petang dan akhirnya.

Baca Juga

Sebagian ulama mengatakan waktu dzikir petang itu mulai dari kwatu zawal (tergelincirnya matahari) sampai terbenam matahari dan awal malam. Pendapat ini difatwakan oleh al Lajnah al Daimah.

Ulama lainnya juga ada yang mengatakan setelah ashar sampai terbenam matahari. Pendapat ini yang dipilih oleh Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Qayyim rahimahumullah. Ini juga perkataan Nawawi rahimahullah dalam kitabnya al-Adzkaar.

Sementara itu, Ibnul Jazari dan Asy-Syaukani rahimahumullah berpendapat waktu dzikir petang itu dimulai setelah matahari terbenam smapai terbit fajar. Ada pula ulama yang mengatakan sampai sepertiga malam terakhir dan sampai tengah malam.

Menurut Abdullah Hamud al Furaih, pendapat yang lebih kuat adalah dimulai setelah ashar hingga terbenam matahari. Namun, menurut dia, tidak apa-apa juga diucapkan setelah terbenamnya matahari, khususnya jika ada uzur.

Karena waktu setelah terbenam matahari juga disebut petang dan bisa mendapatkan keutamaan dzikir dan keberkahan. Menurut dia, hal ini lebih baik daripada meninggalkan amalan dzikir itu sendiri.

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata, “Fasal pertama: dalam masalah dzikir pagi dan petang, keduanya adalah antara waktu subuh dan terbit matahari, serta waktu ashar dan tenggelamnya matahari.”

Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kepada Allah dengan dzikir yang banyak dan bertasbihlah pada waktu pagi dan petang.” (QS. al-Ahzab ayat 41-42).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA