Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Pasar Mobil Premium Indonesia Ikut Tumbuh

Jumat 30 Jul 2021 14:42 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z / Red: Dwi Murdaningsih

BMW Group Indonesia.

BMW Group Indonesia.

Foto: Pxfuel
Pabrikan optimistis pertumbuhan masih akan terjadi pada periode berikutnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan mobil di Tanah Air pada semester pertama 2021 menunjukkan catatan manis. Hal ini dibuktikan oleh peningkatan penjualan yang terjadi pada lima pabrikan besar di Indonesia, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki.

Peningkatan penjualan juga terjadi pada segmen premium. Duo Jerman yang bermain di segmen ini, yakni BMW dan Mercedes-Benz juga ber hasil menunjukkan pertumbuhan sepanjang semester satu.

President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Choi Duk Jun, mengatakan, secara year to date, penjualan kendaraan penumpang Mercedes Benz di Indonesia meningkat 48 persen pada semester pertama 2021. Secara volume, total penjualan MBDI pada Januari hingga Juni 2021 mencapai 1.235 unit.

Baca Juga

"Melihat situasi saat ini, kami sangat bangga dengan pencapaian penjualan di semester pertama 2021. Permintaan pelanggan yang tinggi terhadap model kendaraan Mercedes-Benz mendorong pertumbuhan hingga dua digit," kata Choi Duk Jun dalam "Meet Mercedes Chat" yang digelar secara virtual, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pertumbuhan itu didukung oleh sajian produk dan layanan yang sesuai dengan selera pasar. Perkenalan model-model terbaru, seperti New S-Class, A-Class Sedan, dan GLA juga telah berkontribusi dalam meningkatkan minat para pelanggan.

Capaian itu pun membuat MercedesBenz tetap menjadi pemimpin pasar dalam segmen premium. Karena, pada semester satu lalu, pabrikan Jerman itu berhasil meraih market share sebesar 41,9 persen.

Merek lainnya, BMW Group Indonesia, mencatat total penjualan sebesar 1.187 unit. President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, mengatakan, setelah menutup tahun 2020 dengan hasil luar biasa, perusahaan kembali melihat hasil yang sangat baik pada enam bulan pertama 2021.

"Secara year to date, pada semester pertama ini BMW mencatat pertumbuhan sebesar 42,8 persen. Capaian ini ditopang oleh penjualan BMW Seri 5, BMW Seri 3, dan BMW X1," kata Ramesh Divyanathan.

Dilihat dari total penjualan duo Jerman itu, Mercedes-Benz menempati posisi ke 14 dalam peringkat penjualan ritel berdasar catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

Segmen premium Indonesia juga dihiasi oleh Lexus. Meski catatan penjualannya tak sebanyak duo Jerman, merek Jepang ini secara konsisten berada dalam peringkat 20 besar.

Pada 2019, Lexus berhasil mencatat penjualan sebesar 1.354 unit. Kemudian, pada 2020, Lexus berhasil menjual produknya sebanyak 988 unit. Kini, pada semester I, penjualan nya berada pada level 509 unit.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA