Sabtu 31 Jul 2021 06:30 WIB

4 Asupan Populer yang Perlu Dihindari Orang Usia 40 Tahun

Ada makanan dan minuman yang perlu dihindari orang ketika memasuki usia 40 tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Membatasi makanan bergula, seperti cokelat, perlu dilakukan oleh individu yang sudah memasuki usia 40 tahun.
Foto: Republika/Prayogi
Membatasi makanan bergula, seperti cokelat, perlu dilakukan oleh individu yang sudah memasuki usia 40 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki usia 40-an tahun, ada banyak perubahan yang mungkin terjadi pada tubuh. Sebagian dari perubahan ini bisa membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan dan perlu diantisipasi.

Salah satu perubahan yang terjadi menjelang usia paruh baya adalah perubahan metabolik. Perubahan metabolik ini secara signifikan membuat penambahan berat badan bisa terjadi lebih mudah dan menahan penamabahan berat badan menjadi lebih sulit.

Baca Juga

Oleh karena itu, penting bagi tiap orang yang sudah memasuki usia 40 tahun untuk membuat pilihan-pilihan gaya hidup yang lebih sehat. Dalam hal pola makan misalnya, ada beberapa minuman dan makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan yang optimal. Berikut ini adalah empat makanan dan minuman di antaranya, seperti dikutip dari EatThis, Sabtu.

Minuman bersoda

 

Minuman bersoda bukanlah asupan yang menyehatkan bagi semua kelompok usia. Akan tetapi, dampak buruk dari kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda akan semakin terasa pada orang-orang yang sudah memasuki usia 40-an tahun.

photo
Minuman soda (ilustrasi) - (PxHere)

Adjunct professor di bidang nutrisi dari NYU Lisa Young PhD RDN mengatakan , minuman tinggi gula seperti soda berkaitan dengan kenaikan berat badan, obesitas, dan diabetes. Young mengatakan, individu berusia 40 tahun ke atas perlu lebih berhati-hati terhadap berat badan dan asupan gula mereka.

"Ingat, kenaikan berat badan mengintai Anda seiring dengan proses penuaan," ungkap Young.

Mengonsumsi minuman bersoda tak membutuhkan kegiatan mengunyah. Oleh karena itu, kalori dan gula yang tinggi dari minuman bersoda bisa masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak dengan mudah. Di saat yang sama, asupan ini tak memunculkan sinyal kenyang.

Mentega

Penggunaan mentega dalam sajian masakan sepertinya perlu dipertimbangkan ulang bagi individu yang sudah memasuki usia 40-an tahun. Mentega dikenal kaya akan lemak jenuh. Asupan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi pada penyakit jantung.

photo
Mentega - (Flickr)

"Seiring dengan pertambahan usia Anda, kolesterol Anda bisa meningkat, demikian juga risiko Anda terhadap penyakit jantung," jelas Young.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement