Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Gobel Bagikan Beras Bervitamin

Jumat 30 Jul 2021 11:09 WIB

Red: Joko Sadewo

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyerahkan bantuan traktor, beras bervitamin saat kegiatan reses.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyerahkan bantuan traktor, beras bervitamin saat kegiatan reses.

Foto: istimewa/doc humas
Selama melakukan kunjungan masa reses DPR Gobel menyalurkan sejumlah bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel membagikan beras bervitamin, traktor, ventilator selama masa reses DPR di Gorontalo. Gobel juga melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan rumah susun untuk pesantren.

Dalam masa pandemi, Gobel tetap menunaikan tugasnya sebagai wakil rakyat. “Saya ingin mengetahui kondisi nyata di lapangan. Apa yang dirasakan oleh rakyat,” katanya, dalam siaran persnya, Kamis (29/7).

Dalam setiap masa reses di DPR, Gobel selalu turun menemui konstituennya di daerah pemilihannya di Gorontalo. Ia melakukan kunjungan sejak Sabtu pekan lalu dan akan Kembali ke Jakarta pada Sabtu lusa.

Gobel melakukan kunjungan ke Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Pohuwato. Dalam kunjungan dengan mengikuti protokol kesehatan itu, Gobel memberikan bantuan beras bervitamin sebanyak 15 ton, traktor dua roda (109 buah), traktor roda empat (12 buah), mesin cultivator (6 buah), dan mesin perontok padi.

Selain itu juga memberikan bantuan bibit jagung untuk ditanam di 54 ribu hektare lahan. Bantuan itu disebar di enam kabupaten tersebut. “Ini merupakan hasil dana aspirasi yang bekerja sama dengan Bulog dan Kementerian Pertanian,” katanya.

Terkait dengan penanganan kesehatan Covid, Gobel juga memberikan bantuan 8 ventilator di rumah-rumah sakit untuk membantu pasien Covid19. Ventilator ini diproduksi oleh pabrik milik Gobel yang merupakan hasil rancangan dari dosen ITB.

Adapun beras bervitamin tersebut dikemas dalam kemasan 5 kg. Tiap kabupaten dan kota mendapat bantuan 500 paket. “Beras ini sudah diperkaya dengan aneka vitamin. Cocok untuk ibu hamil dan anak-anak agar tidak menjadi stunting. Stunting masih merupakan problem tersendiri di Indonesia,” kata Gobel. Di Kabupaten Boalemo misalnya, masih ada 5,5 persen yang stunting. Karena itu, katanya, solusinya adalah meningkatkan gizi bagi ibu hamil dan untuk anak-anak.

Bantuan alat-alat pertanian bagi masyarakat Gorontalo, kata Gobel, karena sebagian besar mata pencaharian rakyat Gorontalo adalah bertani. Selain itu, Gorontalo adalah provinsi termiskin kelima di Indonesia sehingga membutuhkan banyak bantuan. “Kita harus bekerja keras memberantas kemiskinan di Gorontalo. Kita tidak boleh lelah,” kata dia.

Rusun Pesantren

Di Boalemo, Gobel melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan rumah susun untuk asrama santri di Pondok Pesantren Al Khairaat di Kecamatan Tilamuta. Pesantren yang berdiri sejak 53 tahun lalu ini dipimpin oleh Ustad Abdul Ghali.

Asrama dua lantai ini merupakan....

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA