Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

4 Gejala Utama Covid-19 pada Orang yang Sudah Divaksinasi

Sabtu 31 Jul 2021 00:25 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Tes Covid-19. Orang-orang yang telah divaksinasi juga perlu menjalani tes Covid-19 jika merasakan gejala penyakit infeksi SARS-CoV-2 tersebut.

Tes Covid-19. Orang-orang yang telah divaksinasi juga perlu menjalani tes Covid-19 jika merasakan gejala penyakit infeksi SARS-CoV-2 tersebut.

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warga Inggris yang sudah divaksinasi kembangkan gejala Covid-19 yang berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- National Health Service (NHS) di Inggris menyebut, tiga gejala utama Covid-19 adalah terus-menerus batuk, tingginya suhu tubuh, dan kehilangan kemampuan indra perasa atau penciuman. Para ahli kini memperingatkan bahwa gejalanya bisa berbeda pada orang yang terpapar Covid 19 setelah vaksinasi.

Tidak ada vaksin yang 100 persen efektif, tapi vaksin Covid-19 membantu melindungi orang dari penyakit parah dan risiko rawat inap. Dilansir dari laman The Sun, Kamis (29/7), para ahli di Aplikasi Pelacak Gejala ZOE telah menemukan ada empat gejala utama yang dialami orang-orang yang telah divaksinasi.

Bersin

Baca Juga

Data yang diterbitkan oleh para ahli pengembang ZOE Symptom Tracker App menyatakan, bersin adalah salah satu gejala utama Covid-19 yang dilaporkan orang Inggris yang telah divaksinasi. Selama ini, bersin bukanlah gejala umum dari infeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Tim ZOE yang dipimpin Prof Tim Spector itu mengatakan, bersin kemungkinan besar disebabkan oleh flu biasa atau alergi. Sementara itu, bagi orang yang divaksin, bisa jadi ini adalah gejala Covid-19, bukan rinitis alergi.

Para ahli mengatakan, kebanyakan orang yang disuntik vaksin Covid-19 memiliki gejala ringan. Menariknya, data mereka menunjukkan bahwa orang yang telah divaksinasi lalu kemudian kena Covid-19 lebih mungkin melaporkan bersin sebagai gejala dibandingkan dengan mereka yang belum divaksinasi.

"Ini menunjukkan bahwa bersin-bersin tanpa penjelasan setelah Anda divaksinasi bisa menjadi tanda Covid 19."

Jika sering bersin, menurut pakar ZOE, Anda harus mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penyebaran virus.

"Bersin adalah cara utama penyebaran virus. Cobalah untuk menutupi semua batuk dan bersin dengan tisu atau siku bagian dalam untuk meminimalkan penyebaran percikan liur (droplet). Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai Anda mencuci tangan."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA