Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Sponsor Simone Biles Dukung Keputusan Mundur dari Olimpiade

Jumat 30 Jul 2021 09:44 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Atlet senam putri Amerika Serikat Simone Biles.

Atlet senam putri Amerika Serikat Simone Biles.

Foto: EPA/DANIEL KOPATSCH
Simone Biles telah membuktikan diri sebagai yang terhebat di dunia senam.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Athleta dan Visa serta sejumlah sponsor pesenam artistik asal Amerika Serikat (AS), Simone Biles, memuji keputusan sang atlet yang mengutamakan kesehatan mentalnya dengan menarik diri dari kompetisi tim senam AS di Olimpiade Tokyo 2020. Ini contoh terbaru dari sponsor yang memuji atlet yang terbuka mengenai masalah mentalnya.

Biles mengukir sejumlah prestasi senam, termasuk empat medali emas dan satu perunggu di Olimpiade 2016. Ia telah mendapatkan lima gelar all-around di Kejuaraan Dunia sejak 2013. Prestasi itu yang membuat dia mendapatkan banyak tawaran sponsor.

"Kami melewati masa ketika atlet seperti Simone dihargai hanya karena kecakapan atletik mereka," kata Jim Andrews, pendiri A-Mark Partnership Strategies, dilansir dari Marca, Jumat (30/7).

Menurut Andrews, Biles telah membuktikan sebagai yang terhebat di dunia senam. Karena itu, Biles pantas menjadi juru bicara dan influencer karena mempunyai banyak hal untuk ditawarkan.

Biles berpisah dengan sponsor lamanya Nike pada April lalu untuk menandatangani kontrak dengan Athleta. Kesepakatan Biles dengan Athleta mencakup sponsor tur kemenangan Gold Over Amerika akhir tahun ini.

Pada saat itu, Biles mengatakan penandatanganan kontrak dengan Athleta daripada Nike karena ingin disejajarkan dengan tokoh yang mementingkan nilai-nilai kehidupan. "Saya merasa mereka bekerja sangat erat dengan wanita dan anak perempuan dan membiarkan mereka bersuara dan melanggar standar kecantikan itu," ujar Biles pada Mei.

Bile meluncurkan kampanye iklan pertamanya dengan Athleta pada Juni, termasuk video yang menampilkan orang-orang yang mendukungnya melalui kebangkitan menjadi superstar. Dan Athleta mengeluarkan pernyataan dukungan atas keputusan Biles mundur dari Olimpiade.

"Kami mendukung Simone dan mendukung kesehatannya baik di dalam maupun di luar kompetisi. Menjadi yang terbaik juga berarti mengetahui cara menjaga diri sendiri. Kami terinspirasi oleh kepemimpinannya hari ini dan berada di belakang setiap langkahnya,” demikian bunyi pernyataan Athleta.

Visa juga mengeluarkan pernyataan serupa yang menyebut Biles mengeluarkan keputusan sangat berani. Biles dipandang sebagai sosok inspiratif.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA