Jumat 30 Jul 2021 08:20 WIB

Alvin Tehupeiory Lolos ke Babak I 100 M Putri Olimpiade

Perjuangan Alvin di babak putaran pertama nanti akan lebih berat.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Sprinter Indonesia Alvin Tehupeiory (kedua kanan) mencoba lintasan sebelum penyisihan 100 meter putri heat 3 cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Jumat (30/7/2021).
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Sprinter Indonesia Alvin Tehupeiory (kedua kanan) mencoba lintasan sebelum penyisihan 100 meter putri heat 3 cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Jumat (30/7/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sprinter Indonesia Alvin Tehupeiory ke babak putaran pertama Olimpiade Tokyo 2020 nomor 100 meter putri. Ini setelah dalam babak prakualifikasi yang berlangsung Jumat (30/7) pagi di Stadium Olympic Tokyo, ia berhasil finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 11,89 detik.

Catatan waktu yang diraih Alvin ini masih berada di bawah penampilan terbaik yang pernah dibukukannya, yakni 11,64 detik. Alvin yang turun di heat ketiga lintasan tujuh, bersaing dengan delapan peserta lainnya.

Setelah melakukan start cukup baik, Alvin kemudian melesat dengan cepat. Sebenarnya ia sempat berada di peringkat kedua. Namun akhirnya finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 11,89 detik, berada di bawah pelari Antigua dan Burbuda Joella LLyod dengan waktu 11,55 detik dan pelari Malawi Asimenye Simwaka dengan waktu 11,76 detik.

Dalam babak prakualifikasi ini ada tiga heat dan setiap heat diikuti oleh sembilan pelari. Dari setiap heat hanya diambil tiga pelari tercepat. Babak putaran pertama akan digelar sore ini di tempat yang sama.

Cabang olahraga lari 100 meter memakai format empat babak sebelum mencapai final. Para pelari yang lolos dari babak prakualifikasi akan tampil di putaran pertama, semifinal, dan kemudian final.

Perjuangan Alvin di putaran pertama nanti akan lebih berat, mengingat pesaingnya lebih baik dari prakualifikasi. Alvin tergabung di heat dua dalam kualifikasi nanti.

Lawan yang akan dihadapinya antara lain pelari nomor empat dunia asal Jamika Eleina Thopson Herah yang memiliki catatan waktu terbaik 10,70 detik. Ada juga pelari Swiss peringkat 14 dunia Mujinga Kambudji dengan 10,95 detik. Pelari yang terdekat jaraknya dengan Alvin adalah sprinter Kanada Hamica Bingham dengan catatan waktu 11,13.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement