Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

AS Perkuat Hubungan Asia Tenggara Lawan Pengaruh China

Jumat 30 Jul 2021 08:29 WIB

Red: Nur Aini

Dalam kunjungannya ke Vietnam, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin pada Kamis (29/7) menjanjikan akan memberikan dukungan kepada negara-negara di Asia Tenggara dalam perselisihan mereka dengan China.

Dalam kunjungannya ke Vietnam, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin pada Kamis (29/7) menjanjikan akan memberikan dukungan kepada negara-negara di Asia Tenggara dalam perselisihan mereka dengan China.

Menhan AS menjanjikan dukungan kepada negara-negara Asia Tenggara

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Dalam kunjungannya ke Vietnam, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin pada Kamis (29/7) menjanjikan akan memberikan dukungan kepada negara-negara di Asia Tenggara dalam perselisihan mereka dengan China.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Menhan AS Austin menarik perhatian terkait kemitraan bilateral yang kuat AS dengan Vietnam, dan menekankan bahwa AS mendukung Vietnam yang kuat, mandiri, dan makmur. Dia juga membahas berbagai masalah, termasuk komitmen negaranya untuk membantu Vietnam memerangi pandemi Covid-19 dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Baca Juga

AS akan memberikan Vietnam 5 juta dosis vaksin Moderna bersama dengan dukungan Covid-19 tambahan senilai 20 juta dolar AS.

Kementerian Pertahanan Vietnam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS dan Vietnam sangat menghargai hasil kerja sama pertahanan bilateral, terutama dalam mengatasi konsekuensi perang, mengatasi tantangan keamanan non-tradisional, mendukung Vietnam dalam bergabung dengan misi penjaga perdamaian PBB, dan meningkatkan penegakan hukum di laut

Austin juga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong untuk membahas pentingnya kemitraan AS dengan Singapura.

“Kepemimpinan Singapura memainkan peran yang sangat penting dalam memajukan prinsip-prinsip bersama yang menjaga stabilitas regional, dan saya sangat menghargai kemitraan yang kuat di antara kita,” tutur dia.

Mengkritik China karena mengabaikan kedaulatan negara-negara di kawasan itu, Austin dalam sebuah cuitan di Twitter pada Selasa mengatakan, "Klaim Beijing atas sebagian besar Laut China Selatan tidak memiliki dasar dalam hukum internasional."

“Kami terus mendukung negara-negara pantai di kawasan itu dalam menegakkan hak-hak mereka di bawah hukum internasional,” ujar dia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/as-perkuat-hubungan-dengan-asia-tenggara-lawan-pengaruh-china/2318703
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA