Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Dinkes Garut Periksa Makanan Diduga Penyebab Warga Keracunan

Kamis 29 Jul 2021 22:26 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi keracunan

Ilustrasi keracunan

Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Warga tersebut menyantap makanan yang dihidangkan dalam sebuah acara pernikahan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dinas Kesehatan Kabupaten Garut melakukan pemeriksaan pada makanan yang diduga menjadi penyebab puluhan warga keracuna. Warga tersebut menyantap makanan yang dihidangkan dalam acara pernikahan di Kecamatan Cibiuk. "Kita sudah ambil sampel makanan dan sampel muntah pasien," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Asep Surahman kepada wartawan di Garut, Kamis (29/7).

Ia menuturkan jajaran Dinas Kesehatan Garut sudah melakukan penanganan medis terhadap puluhan warga yang menjadi korban keracunan usai menyantap makanan di acara syukuran pernikahan di Kecamatan Cibiuk, Garut, Rabu (28/7). Dinas Kesehatan, kata dia, tidak hanya menangani pasien yang keracunan, tapi mencari tahu penyebab warga keracunan dengan melakukan pemeriksaan pada makanan dan muntahan pasien.

Baca Juga

Hasil pemeriksaan, kata dia, belum dapat diketahui, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium yang dapat diketahui hasilnya beberapa hari ke depan. "Untuk membuktikan ini penyebabnya makanan jenis apa, apakah bakteri atau kimia, itu butuh waktu beberapa hari," katanya.

Asep menambahkan kasus keracunan diduga dari makanan dilaporkan ada 93 orang. Namun yang mendapatkan perawatan medis di puskesmas setempat sebanyak 28 orang.

Sebelumnya, banyak warga mengeluhkan sakit mual, muntah, dan pusing setelah menyantap makanan dalam acara pernikahan di Kecamatan Cibiuk. Mereka yang mengeluhkan sakit sudah mendapatkan penanganan medis di puskesmas setempat.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA