Kamis 29 Jul 2021 21:34 WIB

PKS Bantu Dongkrak Ekonomi Masyarakat Kecil Saat Pandemi

Tujuan RTB sebagai tempat UMKM berkumpul dengan pelatihan Entrepreneurs secara gratis

Rep: Rizky Surya/ Red: Hiru Muhammad
Penyerahan rumah tangguh berdaya dari pengurus PKS kepada pihak UMKM Tangguh.
Foto: dok RTB PKS
Penyerahan rumah tangguh berdaya dari pengurus PKS kepada pihak UMKM Tangguh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sejalan dengan program pemerintah untuk pemulihan ekonomi, Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) PKS mendirikan Rumah Tangguh Berdaya (RTB). Tujuan RTB sebagai tempat UMKM berkumpul dengan pelatihan Entrepreneurs secara gratis dan wadah pemasaran produk para UMKM.

Perwakilan BPJE DPD PKS Jakarta Timur, Rochmad, mengatakan hadirnya RTB sebagai wadah untuk mempertemukan semua pengusaha, dari pengusaha besar hingga UMKM. Sehingga diharapkan terjadi sinergi semua pengusaha."Harus sama-sama bergandengan tangan untuk menghadapi pemulihan ekonomi di Indonesia," kata Rochmad dalam keterangan pers, Kamis (29/7).

Perwakilan BPJE DPD PKS Jakarta Timur lainnya, Tajudin, menyebut target lokasi RTB adalah 1 kecamatan ada 1 RTB. Dengan demikian maka dapat menjangkau semua UMKM yang ada sekaligus bertujuan memperluas pemasaran produk UMKM.

"Dalam hal pelatihan UMKM, RTB memiliki beberapa jenis pelatihan, diantaranya adalah pelatihan Entrepreneurs, digital Marketing, dan keahlian-keahlian Entrepreneurs lainnya," ujar Tajudin.

Saat ini RTB sudah memiliki pilot project di rumah seorang kader PKS yaitu Rudi Purnama, di daerah Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Peresmian RTB dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI F-PKS Anis Byarwati, DPRD DKI Jakarta F-PKS MT Zoelkifli, struktural DPP, DPD dan DPC PKS diantaranya Rofik Hananto, Hidayatullah, Ikrar Aulia, Tajudin, Syamsul Bahri dan Dicky. Dari pihak UMKM Tangguh diwakili oleh Wahyu dan dari Widyanto.

Anis Byarwati mengakui sudah banyak stakeholder UMKM. Namun menurutnya belum ada sinergi dan kolaborasi yang membuat UMKM dapat menjadi sesuatu yang bisa dibesarkan bersama."Oleh karena itu para stakeholder tidak bisa bergerak sendiri, namun harus benar-benar berkolaborasi melalui kemitraan," ujar Anis.

Rofik Hananto menambahkan bahwa Rumah Tangguh Berdaya akan menjadi magnet kebangkitan UMKM di Jakarta Timur. Sehingga UMKM bisa menjadi Tangguh dan Berdaya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement