Kamis 29 Jul 2021 21:17 WIB

Lapan Duga Benda Asing di Cicendo yang Viral adalah Balon

Ia memastikan benda tersebut bukan objek antariksa.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Karta Raharja Ucu
Seorang warga merekam video yang menangkap objek yang diduga benda asing di Cicendo. Foto: Langit malam berbintang/ilustrasi
Foto: Pixabay
Seorang warga merekam video yang menangkap objek yang diduga benda asing di Cicendo. Foto: Langit malam berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rekaman video milik seorang penjaga keamanan di daerah Cicendo yang memperlihatkan objek diduga benda asing berwarna putih bergerak dan terlihat di langit Kota Bandung viral di media sosial, Kamis (29/7) pagi. Beragam komentar disampaikan warganet.

Irman, pria yang pertama kali merekam diduga benda asing tersebut bercerita di media sosial jika objek yang diduga benda-benda tersebut bergerak mengarah ke wilayah Cimahi. Selanjutnya, objek tersebut perlahan-lahan menghilang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan konfigurasi objek yang diduga benda asing berubah. Ia memastikan benda tersebut bukan objek antariksa dan diperkirakan merupakan kumpulan balon yang diterbangkan.

"Konfigurasinya berubah. Bukan objek antariksa. Kemungkinan kumpulan balon yang diterbangkan," ujarnya melalui pesan singkat, Kamis (29/7).

Sebelumnya, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menegaskan pihaknya mengamati objek yang diduga benda asing tersebut bukan sebuah fenomena meteorologis. Kondisi cuaca saat itu cerah dengan kecepatan angin kisaran 6 kilometer per jam dan tidak terpantau awan hujan.

"Disimpulkan fenomena yang terlihat oleh masyarakat tadi pagi di langit dari wilayah Pasirkaliki Kota Bandung bukan fenomena meteorologis," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement