Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

5 Kebiasaan Ini Lebih Buruk dari Minum Soda

Jumat 30 Jul 2021 00:50 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Kebiasaan buruk ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Kebiasaan buruk ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Foto: Wikimedia
Kebiasaan buruk ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman bersoda merupakan minuman tinggi gula dan minim gizi yang populer di berbagai kalangan. Meski memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dinilai menjadi salah satu pendorong utama terjadinya epidemi obesitas di beberapa negara.

Selain obesitas, konsumsi gula berlebih juga dapat meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Oleh karena itu, kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dianggap buruk bagi kesehatan.

Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan lain yang ternyata memiliki efek lebih buruk bagi kesehatan dibandingkan mengonsumsi minuman bersoda dan patut dihindari. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut, seperti dilansir EatThis, Kamis (29/7).

Kurang Tidur
Tidur merupakan salah satu aspek yang penting bagi tubuh. Selama tidur, beragam sistem tubuh akan memperbaiki diri, termasuk otak. Kurang tidur kerap berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, dan demensia. National Sleep Foundation menyarankan agar orang dewasa dari berbagai rentang usia mendapatkan tidur 7-9 jam per malam.

 

Baca Juga

Terlalu Sedentari
Menerapkan pola hidup sedentari atau tak aktif merupakan faktor risiko utama dari beberapa penyakit serius. Sebagian di antaranya adalah demensia, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Kabar baiknya, menambahkan sedikit aktivitas fisik di dalam kebiasaan sehari-hari dapat membuat perubahan. Para ahli menyarankan agar aktivitas fisik berintensitas sedang sebaiknya dilakukan selama 150 menit per pekan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA