Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Satgas: Inang Beri Peluang Bermutasi, Varian Baru Muncul

Jumat 30 Jul 2021 03:37 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pakai masker (ilustrasi). Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh untuk melindungi diri agar virus penyebab Covid-19 tak masuk ke dalam tubuh, salah satunya dengan memakai masker.

Pakai masker (ilustrasi). Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh untuk melindungi diri agar virus penyebab Covid-19 tak masuk ke dalam tubuh, salah satunya dengan memakai masker.

Foto: www.freepik.com
Satgas mengingatkan bahwa tubuh manusia ialah inang virus penyebab Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, dapat terus bermutasi. Ia mengatakan, varian baru muncul karena inang, yakni tubuh manusia, memberi peluang untuk bermutasi.

"Pada prinsipnya virus bukanlah makhluk hidup, sehingga virus hanya dapat memperbanyak diri pada inang yang hidup, seperti manusia," kata Wiku saat memberikan keterangan dalam acara virtual Laporan Penanganan Covid-19 di Jakarta, Kamis sore.

Baca Juga

Wiku mengungkapkan, dalam proses perbanyakan diri itulah virus dapat bermutasi dan menghasilkan varian baru. Meski begitu, manusia bisa mencegah varian tersebut masuk ke tubuhnya.

photo
Memakai masker dobel kini sangat dianjurkan - (Republika)
Upaya terbaik yang dapat dilakukan adalah menghindari masuknya virus ke dalam tubuh dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan para pakar. Ia menyebut, pemerintah juga melakukan langkah antisipasi melalui berbagai kebijakan seperti penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), optimalisasi dan pengaturan pelaku perjalanan untuk mencegah penularan di masyarakat, maupun mencegah importasi kasus yang dapat memperburuk kondisi penularan Covid-19 secara nasional.

"Upaya lain yang perlu dilakukan adalah meminimalisasi penularan yang terjadi dengan mempercepat pelaksanaan strategi vaksinasi nasional," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA