Jumat 30 Jul 2021 01:28 WIB

Cara Mudah Agar Tubuh Selalu Terhidrasi Sepanjang Hari

Tambah pasokan cairan tubuh dengan minum air secara teratur sepanjang hari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jus dan teh memang dapat berkontribusi pada asupan cairan harian, tetapi air putih lebih baik.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Jus dan teh memang dapat berkontribusi pada asupan cairan harian, tetapi air putih lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang perlu diperdebatkan mengenai betapa pentingnya minum cukup air untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, banyak orang belum menyadari betapa krusialnya menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air.

Bahkan, tidak banyak yang mengetahui berapa jumlah asupan air harian yang cukup. Walaupun banyak terdengar anjuran minum dua liter sehari sebagai standar pedoman, nyatanya setiap orang punya kebutuhan berbeda.

Baca Juga

Menurut Sonia Khan, apoteker komunitas di Medicine Direct, jumlah asupan air yang disarankan berbeda sesuai gender. Pria dewasa sebaiknya minum sekitar 3,7 liter air sehari dan perempuan dewasa sebanyak 2,7 liter.

"Tubuh kehilangan banyak air setiap hari melalui fungsi normal seperti buang air kecil, buang air besar, bernapas, dan berkeringat. Untuk alasan ini, penting untuk menambah pasokan cairan dengan minum air secara teratur sepanjang hari," ujarnya.

Apakah minuman ringan, jus, teh, kopi, dan lainnya dihitung dalam jumlah tersebut? Dokter Giuseppe Aragona yang bekerja dengan jenama minuman kemasan Cirkul menjawab itu tergantung jenis minuman.

Jus dan teh memang dapat berkontribusi pada asupan cairan harian. Akan tetapi, minum air putih lebih bermanfaat dalam menghidrasi secara keseluruhan.

"Air dalam kopi dan teh dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari, namun kafein memiliki efek diuretik yang dapat menyebabkan kehilangan air dari tubuh dan memicu dehidrasi," kata Aragona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement