Vaksin Menipis, Dinkes Solo Prioritaskan Lansia & Pralansia

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin

Vaksin Menipis, Dinkes Solo Prioritaskan Lansia & Pralansia (ilustrasi).
Vaksin Menipis, Dinkes Solo Prioritaskan Lansia & Pralansia (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Maulana Surya

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Stok vaksin Covid-19 di Kota Solo pada pekan ini menipis. Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada lansia dan pralansia lantaran angka kematian akibat Covid-19 pada kelompok tersebut cukup tinggi.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan, stok vaksin yang ada saat ini akan digunakan untuk vaksinasi dosis 2 pekan ini. Stok vaksin yang ada per Rabu (28/7) sekitar 26 ribu dosis.

"Saya harus mengamankan dosis 2 agar jangan sampai terlambat. Dosis 1 saya juga main tapi pelan-pelan," kata Siti kepada wartawan, Rabu (28/7).

Siti menyatakan, kebutuhan vaksin untuk dosis 2 cukup tinggi lantaran sejak sebulan lalu DKK mengebut vaksinasi Covid-19.

Di samping itu, DKK juga berupaya menjaga semangat masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19.

"Masyarakat kan sudah mulai semangat, tapi saya masih fokus juga terhadap lansia dan pralansia ini masih saya kejar. Karena angka kematian di kelompok tersebut juga cukup tinggi," terang Siti.

Dalam mengejar target vaksinasi lansia dan pralansia, DKK mengoperasionalkan mobil vaksinasi keliling dan mobil klinik untuk mendekati sasaran. Meskipun saat ini vaksinasi Covid-19 sudah dibuka untuk kelompok umur lebih rendah, tetapi lansia dan pralansia masih menjadi prioritas.

"Semua penting bagi saya, tapi melihat kematian yang banyak di usia lansia dan pralansia ini saya harus kejar mereka. Mereka kan mungkin tidak begitu aktif, yang aktif kan anak-anak muda ini," papar Siti.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, jumlah kasus penyebaran Covid-19 per Kamis (29/7) secara kumulatif mencapai 23.026 dengan kasus aktif sebanyak 2.528 orang. Kasus aktif tersebut rinciannya, 2.270 orang isolasi mandiri/terpusat dan 258 pasien menjalani perawatan. Sedangkan 19.611 orang telah dinyatakan sembuh/pulang, serta 887 orang meninggal dunia. Penambahan kasus pada Kamis sebanyak 236 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Distribusi Bantuan Sosial Tunai secara Door to Door di Solo

Aksi Solidaritas di Masa PPKM di Tangerang dan Solo

FKIP UMS Gelar Pelepasan Pelaksanaan PLP 2 Tahun 2021

Polisi Tangkap Belasan Pemuda Terlibat Balap Liar di Solo

Studi: Proteksi Vaksin Sinopharm Kurang Bagus Buat Lansia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark