Kamis 29 Jul 2021 19:16 WIB

BNI Siap Bawa UMKM Indonesia Tembus Pasar Eropa

Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional tercatat sekitar Rp 8.500 triliun.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT BNI Royke Tumilaar menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan UMKM. Royke menyampaikan UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional dengan kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional tercatat sekitar Rp 8.500 triliun atau sekitar 61 persen dari PDB.

Royke menyebut, UMKM juga berkontribusi bagi terciptanya lapangan kerja, yang mana sekitar 97 persen dari seluruh tenaga kerja di Indonesia bekerja di sektor UMKM.

"Mempertimbangkan pentingnya peranan tersebut, BNI berkomitmen akan selalu mendukung pengembangan UMKM di Indonesia melalui layanan perbankan yang terintegrasi, baik itu berupa dukungan pembiayaan maupun layanan keuangan lainnya," ujar Royke saat Webinar UK SME's Bussiness Summit 2021 bertajuk "UMKM Go Global Bersama BNI" pada Kamis (29/7).

Tidak hanya itu, lanjut Royke, BNI juga berkomitmen dalam program-program pemberdayaan UMKM untuk go global, salah satunya melalui eebinar UK SME's Bussiness Summit 2021 bertajuk "UMKM Go Global Bersama BNI". Royke berharap kegiatan ini dapat memberikan masukan dan pengetahuan bagi UMKM untuk mendapatkan peluang dalam berbisnis di luar negeri, khususnya di kawasan Inggris Raya.

Sejalan dengan hal tersebut, Royke mengatakan, BNI juga terus berinovasi meningkatkan kapabilitas bisnis internasional melalui transformasi.

"Peran kantor cabang luar negeri BNI akan semakin strategis yaitu menjadi jembatan utama bagi transaksi perdagangan dan alur investasi antara Indonesia dan dunia," ucap Royke.

Royke menjelaskan kantor BNI London yang berdiri sejak 1986 telah menunjukkan peran pentingnya sebagai presence BNI pada kawasan Eropa, antara lain pembiayaan kepada koperasi Indonesia, perdagangan internasional, sumber pendanaan internasional dan layanan remitansi kepada diaspora Indonesia

"Dari sisi dalam negeri, salah satu wujud BNI dalam mendukung pengembangan UMKM untuk go global adalah dengan membuka one stop solution yang kami namakan BNI Xpora di tujuh kota seluruh Indonesia," ungkap Royke.

Royke berharap, melalui BNI Xpora UMKM akan mendapatkan pemberdayaan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi, edukasi penyusunan laporan keuangan, hingga perluasan pemasaran produk, melalui bisnis matchmaking dengan pembeli di pasar global yang didukung dengan fitur digital untuk mempermudah UMKM dalam memanfaatkan layanan terintegrasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement