Kamis 29 Jul 2021 16:12 WIB

Jepang Uji Coba Robot untuk Kurir Barang

Uji coba dilakukan kerja sama Honda dan Rakuten hingga 31 Agustus.

Robot (ilustrasi)
Foto: VOA
Robot (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda Motor Co bersama Rakuten Group memulai demonstrasi robot pengiriman otomatis ramah lingkungan. Uji coba ini dilakukan di sekitar Universitas Tsukuba dan beberapa jalan umum di Jepang.

Uji coba berlangsung sejak 19 Juli lalu dan akan berlangsung hingga 31 Agustus 2021. Honda dan Rakuten merancang robot pengiriman otomatis yang memanfaatkan teknologi robotika Honda, kemudian dipadukan dengan layanan pengiriman Rakuten.

Baca Juga

Langkah itu diharapkan menjadi solusi atas meningkatnya kebutuhan pengiriman barang jarak jauh tanpa kontak fisik selama pandemi, di mana banyak perusahaan pengiriman di Jepang kekurangan tenaga kerja.

Dalam siaran pers pada Rabu (28/7), Honda menyebutkan dalam proyek itu mereka mengembangkan pesawat, sistem, pemeriksaan spesifikasi serta menjalankan demonstrasi teknis. Perangkat itu memakai sasis yang dilengkapi fungsi pengantaran otomatis dengan teknologi "Honda Mobile Power Pack" sebagai sumber energinya. Pihak Rakuten melengkapi robot itu dengan kotak pengantaran produk.

Eksperimen itu dilakukan berkat dukungan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). Ke depannya, Honda ingin terus mengembangkan teknologi robotika dan mempromosikan penggunaan energi terbarukan.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement