Kamis 29 Jul 2021 10:00 WIB

E-Commerce, Solusi Jitu Pemasaran Hortikultura Saat Pandemi

Lewat e-commerce peluang tergabung ke pasar online sangat terbuka dan kompetitif.

E-commerce menjadi solusi jitu pemasaran produk hortikultura.
Foto: Kementan
E-commerce menjadi solusi jitu pemasaran produk hortikultura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen Hortikultura pada 2021 menargetkan penumbuhan 200 UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan adalah terus melakukan bimbingan teknis guna peningkatan kapabilitas pelaku usaha hortikultura.

Dirjen Hortikultuta, Prihasto Setyanto mengatakan walaupun dalam pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan akan berakhir, tidak boleh berhenti bekerja. Kalau berhenti akan seperti apa rakyat Indonesia. Menurutnya, Menteri Pertanian mengatakan bahwa pangan harus selalu ada, sehingga produksi tidak boleh berhenti. 

Baca Juga

"Bayangkan jika tim yang bekerja di sektor penyediaan pangan berhenti, maka berhenti jualah kehidupan kita. Di masa pandemi kita justru dituntut kreatif dan strategis, termasuk dalam pemasaran produk. Pemasaran berbasis online melalui e-commerce merupakan salah satu terobosan jitu mengawal kebutuhan konsumen sekaligus meningkatkan layanan pesan antar produk sampai tujuan,” ujar Prihasto Setyanto pada saat membuka Bimbingan Teknis bertajuk "E-Commerce sebagai Sarana Pemasaran Strategis", Senin (26/7).

Memastikan pangan tetap ada, terang Prihasto, adalah tugas Kementerian Pertanian. Tak hanya sampai di sana, usai berproduksi maka poin berikutnya adalah memasarkan hasil panen.

“Kondisi yang terjadi di tengah PPKM ini, pasar menurun karena orang takut keluar rumah terutama pasar basah. Nah, di sisi lain pemasaran secara e-commerce peningkatannya semakin luar biasa. Sejak masuk ke Indonesia 2010 lalu, perkembangannya luar biasa. Ini harus dimanfaatkan pelaku usaha lokal kita,” jelas Prihasto.

Webinar yang dihadiri 2.300 peserta baik via Zoom Meet maupun Youtube ini diharapkan dapat menjaring pelaku usaha beralih ke pasar e-commerce berbasis digital ini. Kenyataanya, peluang untuk tergabung ke pasar online sangat terbuka dan kompetitif.

“Kita memiliki banyak pelaku usaha lokal sehingga dengan menghadirkan dua platform bisnis e-commerce ini mampu memperluas daya jual. Bisnis hortikultura bisa makin maju dan terangkat. Kenyataannya bahwa pada pandemi Covid 19, peluang bisnis hortikultura berbasis penjualan digital naik berkali-kali lipat. Ini artinya bisa kaya dengan bermodalkan sayur,” kata Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura, Bambang Sugiharto, dalam siaran pers, Kamis (29/7).

Kedai Sayur adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pemenuhan dan pengiriman berbagai jenis kebutuhan pangan termasuk aneka sayur, buah dan aneka lauk pauk. Di awal pendiriannya, Kedai Sayur berupaya untuk mendigitalisasi konsep tukang sayur.

“Kedai Sayur berawal dari konsep tukang sayur. Adapun yang kami lakukan adalah upaya digitalisasi tukang sayur. Produk kami memang produk segar yang sudah memasok berbagai kebutuhan horeka dan rumah tangga. Saat ini sudah ada 4.000 yang masuk dalam digitalisasi penjualan Kedai Sayur,” terang CEO Kedai Sayur,  Adrian Hernanto.

    

Adrian menerangkan, di masa pandemi ini penjualan sayur meningkat 40 kali. Hal ini cukup disyukuri, di mana bisnis online menjadi berkah di masa pandemi.

“Bisnis yang kami jalankan adalah memastikan kepuasan pelanggan. Jadi ketika orang mau masak, semua ada dalam satu paket. Inilah yang menjadi kekuatan kita. Kita juga berupaya menarik perhatian pelanggan di mana salah satunya dengan menampilkan foto yang riil, selain memastikan kualitas produk segar dari lahan petani,” lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement