Kamis 29 Jul 2021 06:44 WIB

Desain Tol Penghubung YIA Disepakati

Akses tol tersebut akan semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkau YIA.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memastikan sinkronisasi desain konektivitas jalan tol penghubung Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) sudah disepakati. Akses tol tersebut yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo dengan Jalan Akses Tol menuju YIA dan Jalan Akses Tol menuju Akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh). 

"Dengan telah disepakatinya sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung langsung dengan YIA ini, maka para pemangku kepentingan dapat melakukan proses selanjutnya terkait pembangunan tol dan aksesibilitasnya sehingga akses tol dari dan menuju YIA ini dapat segera terwujud," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi, Rabu (28/7). 

Baca Juga

Faik menuturkan, akses tol tersebut akan semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkau YIA. Kesepakatan terkait sinkronisasi desain konektivitas tol tersebut mencakup rencana desain akses simpang susun YIA pada Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA yang difasilitasi dengan lajur tersendiri dan menuju exit Jalan Akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh), perincian penanganan simpang akses jalan tol, dan hal-hal lainnya.

"Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan di bandaranya, salah satunya dengan penyediaan fasilitas dan peningkatan aksesibilitas menuju bandara," jelas Faik. 

 

Faik menambahkan, akses penghubung YIA juga akan bertambah dengan dioperasikannya kereta api bandara pada 17 Agustus 2021. Kereta api bandara tersebut akan menghubungkan YIA di Kulon Progo dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. 

"KA Bandara YIA akan semakin melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang kini telah ada di YIA, seperti shuttle bus, taksi bandara, bus DAMRI, kereta api dari stasiun terdekat (Stasiun Tugu), dan lainnya," ungkap Faik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement