Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

600 Hotel Restoran Bandung akan Kibarkan Bendera Putih

Rabu 28 Jul 2021 21:27 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah

Hotel di Bandung (ilustrasi).

Hotel di Bandung (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Ratusan hotel, kafe, dan restoran di Bandung mengaku menyerah akibat dampak pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ratusan hotel, kafe, dan restoran di Kota Bandung serentak akan mengibarkan bendera putih sebagai simbol menyerah karena terdampak langsung oleh pandemi Covid-19. Kerugian yang besar dialami sudah berlangsung sejak pandemi masuk ke Indonesia.

"Kita akan melakukan pengibaran bendera putih, insyaallah dua hari ke depan," ujar Ketua Harian Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Gan Bonddilie melalui keterangannya, Rabu (28/7).

Ia menuturkan, kurang lebih 600 restoran dan 500 hotel di Jawa Barat dan khususnya di Kota Bandung akan serentak melakukan pengibaran bendera tanda menyerah. Pengibaran pun dilakukan sebagai bentuk protes kepada pemerintah yang dianggap kurang peduli.

Ia mengaku sudah menjalin komunikasi dengan pemerintah Kota Bandung secara lisan maupun tertulis. Namun, kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah kurang menunjukkan perhatian.

Bond Bond sapaan akrabnya mengatakan seluruh hotel, kafe dan restoran sudah melaksanakan penerapan protokol kesehatan dengan ketat. Bahkan pemerintah sudah mengeluarkan sertifikat kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan (CHSE) bagi restoran namun kegunaannya tidak berfungsi.

Ia mengatakan saat ini pihaknya telah menerapkan pembatasan terhadap pengunjung bahkan pegawai banyak yang sudah divaksin. Kondisi saat ini sekitar 60 persen karyawan restoran dan hotel banyak di PHK sedangkan restoran yang ditutup mencapai 40 persen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA