Rabu 28 Jul 2021 20:14 WIB

WhatsApp Buat Opsi Transfer Riwayat Chat iOS ke Android

Fitur baru ini akan mempermudah perpindahan data antar sistem operasi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
WhatsApp
Foto: EPA
WhatsApp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp sedang mengembangkan cara agar penggunanya bisa mentransfer riwayat obrolan mereka dari iOS ke Android. Kabar ini menurut laporan dari WABetaInfo dan 9to5Google.

Fitur ini dapat memperbaiki salah satu gangguan terbesar layanan WhatsApp. Selama ini riwayat obrolan hanya bisa dicadangkan untuk pengguna dengan sistem operasi yang sama. Detail fitur dalam pengembangan telah muncul di perangkat lunak WhatsApp sejak April lalu.

Baca Juga

Screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo menunjukkan opsi “Pindahkan obrolan ke Android” baru di aplikasi iOS WhatsApp. Screenshot kedua menunjukkan layar yang meminta pengguna tetap membuka kunci iPhone mereka dengan WhatsApp terbuka saat transfer berlangsung.

Dilansir dari The Verge, Rabu (28/7), sejauh ini, sebagian bukti mengarah pada fitur transfer iOS ke Android, tetapi WABetaInfo sebelumnya telah melaporkan bahwa hal sebaliknya juga mungkin terjadi.

Alat transfer baru WhatsApp dapat menjadi bagian dari aplikasi iOS “Beralih ke Android” baru yang sedang dikembangkan dari Google, demikian dilaporkan XDA Developers. Mirip dengan aplikasi “Pindahkan ke iOS” yang ditawarkan Apple untuk membantu pengguna bermigrasi dari Android ke iOS, “Beralih ke Android” dapat mempermudah migrasi ke sistem operasi Google.

Menurut XDA Developers, kode di aplikasi Google menunjukkan bahwa itu mungkin terintegrasi dengan alat transfer WhatsApp yang belum dirilis.

Berita tentang fitur migrasi muncul karena WhatsApp sedang menguji dukungan multi-perangkat beta, memungkinkan pengguna untuk mengakses percakapan mereka dari beberapa perangkat, tanpa perlu merutekan semuanya melalui satu telepon.

Selain mentransfer riwayat obrolan antar platform, WABetaInfo juga melaporkan bahwa WhatsApp sedang mengembangkan cara untuk mentransfernya di antara nomor telepon yang berbeda. Saat ini tidak jelas kapan salah satu fitur ini mungkin tersedia secara luas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement