Kamis 29 Jul 2021 00:25 WIB

Alami Gejala Covid Toes? Ketahui Cara Merawatnya

Kemunculan Covid toes diawali dengan adanya perubahan warna pada kuku jari kaki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Lesi ungu pada jari kaki alias Covid toes merupakan salah satu gejala Covid-19.
Foto: Newsflash / Consejo Jenderal De Colegios Ofic
Lesi ungu pada jari kaki alias Covid toes merupakan salah satu gejala Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Covid-19 diketahui dapat memunculkan beragam gejala. Salah satu gejala yang cukup unik dan belum banyak diketahui adalah Covid toes.

Covid toes merupakan sebutan untuk gejala berupa ulkus atau nekrosis yang terjadi pada ujung kuku jari-jari kaki pasien Covid-19. Gejala ini bisa memunculkan masalah baru bagi penderitanya.

Baca Juga

Hal itu pula yang dirasakan oleh seorang remaja asal Skotlandia. Dia mengalami gejala Covid toes hingga kakinya mengalami bengkak. Selain itu, ada banyak luka lepuh di kaki remaja tersebut yang membuatnya tak dapat menggunakan sepatu selama sembilan bulan ke belakang.

"Saya memiliki benjolan-benjolan di bagian bawah (jari kaki) yang membuat saya sulit berdiri dalam waktu lama. Saya hanya bisa menggunakan sandal jepit," ungkap remaja tersebut, seperti dilansir Indian Express.

Sebelum bisa merawatnya, penting untuk mengenal gejala Covid toes terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa fakta seputar Covid toes beserta cara penanganannya.

Apa itu Covid toes?

Covid toes lebih umum terjadi pada jari-jari kaki dibandingkan tangan. Kemunculan Covid toes diawali dengan adanya perubahan warna pada kuku jari kaki menjadi merah terang.

Warna ini kemudian secara bertahap berubah menjadi ungu. Di awal, perubahan warna ini umumnya terjadi pada satu jari lalu kemudian menjalar ke jari-jari lain.

Selain perubahan warna, gejala ini juga kerap disertai dengan perasaan gatal. Umumnya, tak ada rasa sakit pada jari yang mengalami Covid toes. Akan tetapi, terkadang pasien bisa merasakan nyeri yang cukup berat hingga membuat mereka tak dapat mengenakan sepatu.

Saat ini, Covid toes sudah masuk ke dalam daftar gejala Covid-19 yang diakui. Gejala tersebut bisa bertahan selama 10-14 hari hingga berbulan-bulan.

Apa penyebab dan bagaimana mengatasinya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement