Rabu 28 Jul 2021 18:03 WIB

Italia Setuju Penggunaan Vaksin Moderna untuk Remaja

Moderna menjadi vaksin kedua setelah Pfizer yang diizinkan ke remaja.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Tiga botol  Moderna.
Foto: EPA-EFE/MICHAEL SOHN
Tiga botol Moderna.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Italia menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Moderna untuk anak-anak berusia 12-17 tahun. Itu menjadi vaksin kedua setelah Pfizer yang diizinkan diberikan kepada remaja di negara tersebut.

Badan obat Italia, Aifa, mengatakan telah mendukung vaksin Spikevax untuk remaja. Ia sepenuhnya menerima rekomendasi yang dibuat European Medicines Agency (EMA) pada 23 Juli.

Baca Juga

“Data yang tersedia menunjukkan kemanjuran dan keamanan vaksin juga untuk subjek dalam kelompok usia ini,” kata Aifa dalam sebuah pernyataan, Rabu (27/7).

Italia merupakan salah satu negara Eropa yang paling terpukul pandemi. Sejauh ini negara tersebut sudah mencatatkan 4,33 juta kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 128 ribu jiwa.

Pada Mei lalu, Moderna mengatakan vaksinnya terbukti aman dan efektif pada remaja. Beberapa negara Eropa tengah berupaya memvaksinasi kalangan remaja di negaranya. Menurut mereka, hal itu penting dilakukan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Sama seperti di kawasan lainnya, Eropa pun sedang berusaha mengendalikan penyebaran Covid-19 varian Delta. Varian yang lebih menular tersebut telah memicu lonjakan kasus di Benua Biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement