Rabu 28 Jul 2021 16:24 WIB

Lima Jurusan Kuliah Kekinian yang Lulusannya Banyak Dicari

Lulusan lima  prodi kekinian itu akan dibutuhkan di era digital.

Mengenal  lima  jurusan kuliah kekinian yang lulusannya banyak dicari.
Foto: Dok UNM
Mengenal lima jurusan kuliah kekinian yang lulusannya banyak dicari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Era digitalisasi menuntut semua aspek harus berinovasi dengan meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuannya untuk beradaptasi. Banyak teknologi informasi terbarukan yang punya peranan penting dalam kehidupan masyarakat.

Semakin hari persaingan dunia kerja pun akan semakin ketat. Agar dapat mengikuti derasnya arus perkembangan teknologi informasi, maka generasi muda harus punya skill dan pengetahuan yang mumpuni di bidang teknologi. 

Generasi muda sebagai pengemban masa depan, senantiasa dituntut untuk terus meningkatkan wawasan dan pengetahuannya. Demi menunjang karir masa depan dan memenuhi kebutuhan masyarakat digital, maka perlu memilih program studi (prodi) kekinian yang sesuai dengan kebutuhan di era digital.

Berikut 5 prodi kekinian yang akan dibutuhkan di era digital dan banyak dicari seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

1. Aktuaria

Ilmu aktuaria merupakan bidang ilmu irisan dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, peluang dan statistika, ekonomi, keuangan dan juga komputasi. Prodi aktuaria mempelajari berbagai bidang lainnya seperti matematika (kalkulus, aljabar, linear, persamaan differential), statistika dan peluang (teori peluang, metode statistika). Selain itu, juga mempelajari makroekonomi dan mikroekonomi, keuangan, investasi, pengelolaan dan pemodelan risiko. 

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang telah membuka Prodi Aktuaria yakni Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Teknik Biomedik

Prodi Teknik Biomedik merupakan prodi yang menggabungkan prinsip-prinsip ilmu teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Teknik biomedik melibatkan pembelajaran seputar dunia biologi dengan cara yang baru.

Diharapkan lulusan Prodi Teknik Biomedik mampu mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan. Atau untuk memperbaiki organ/bagian badan yang sakit pada tubuh manusia. Prodi Teknik Biomedik punya beberapa bidang konsentrasi yaitu, biologi kontrol, biologi molukuler, biologi reproduksi, histopatologi, biofisika, instrumentasi medik, rekayasa genetik dan kimia medisinal. Perguruan tinggi yang telah membuka prodi Teknik Biomedik yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Indonesia (UI).

3. Bisnis Digital

Prodi Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital. Secara umum, prodi ini untuk mempersiapkan SDM yang mampu menguasai bidang startup digital, big data, artificial intelligence dan marketplace. Bisnis Digital punya kekuatan pada pembelajaran bisnis menggunakan teknologi digital. Perguruan tinggi di Indonesia yang telah membuka prodi Bisnis Digital, di  antaranya Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Padjajaran dan Bina Nusantara (BINUS).

4. Rekayasa Keselamatan Kebakaran

Prodi Rekayasa Keselamatan Kebakaran dibuka untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam keselamatan kebakaran di Indonesia.  Prodi ini  mampu mengoptimalkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membantu memecahkan persoalan rekayasa keselamatan kebakaran. Prodi ini akan mempelajari life safety, property safety, evironmental safety, business/industrial safety dan social safety. Perguruan tinggi yang membuka prodi ini yakni Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

5. Sains Data

Sains Data merupakan Ilmu multidisipliner yang diterapkan di  berbagai bidang. Bidang tersebut, antara lain, bidang kesehatan, pemerintahan, bisnis, perbankan, keuangan, manufaktur, pemasaran dan lainnya. Ilmu terapan ini secara khusus mempelajari dan menganalisis data. 

Fungsi ilmu sains data di era digital sangat penting, mengingat data yang begitu melimpah. Data tersebut dapat dijadikan informasi dalam menentukan keputusan penting di  suatu perusahaan atau organisasi. Beberapa perguruan tinggi yang telah membuka Prodi Sains Data, di antaranya Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang telah terakreditasi B (Baik Sekali), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Airlangga (Unair).

Itulah lima  prodi kekinian yang banyak dicari perusahaan. Kelima prodi di atas sangat sesuai dengan perkembangan teknologi di era digital. Kelima prodi ini juga mampu menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Jadi tunggu apalagi, segera pilih prodi kekinian yang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Agar kelak mampu mengambil peran dalam mewujudkan Indonesia digital dan menjawab tantangan zaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement