Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Apakah Nugget Ayam Sehat? Ini Kata Ahli Nutrisi

Rabu 28 Jul 2021 15:47 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Nugget ayam (ilustrasi).

Nugget ayam (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Saat membeli nugget, baca daftar bahan pembuatan di kemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak restoran cepat saji menawarkan produk nugget ayam dan cara pembuatannya bisa bervariasi. Meskipun tidak setiap restoran mengunggah daftar bahan untuk resep nugget ayamnya, Anda akan menemukan info nutrisi di situs web masing-masing merek. 

Menurut ahli gizi, Cynthia Sass, RD MPH, pemecahan nutrisi nugget ayam akan berbeda dari satu tempat ke tempat lain. "Jika Anda memiliki nugget ayam cepat saji favorit, kunjungi situs web perusahaan untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat bagaimana fakta nutrisinya dibandingkan dengan yang ada di restoran cepat saji lainnya," ujarnya seperti dilansir di laman Health, Rabu (28/7).

Menurut dia, daftar bahan dari semua jenis nugget ayam adalah informasi terpenting yang dapat Anda manfaatkan untuk menilai kesehatannya. Anda mungkin berasumsi nugget ayam hanya dibuat dari dada ayam, tapi melihat daftar bahan mungkin memberi tahu Anda sebaliknya. Memeriksa bahan-bahannya itu mengungkapkan banyak hal.

Saat membeli nugget ayam di bagian makanan beku di swalayan, ada baiknya untuk memindai daftar bahan. "Cari produk yang saya sebut sebagai buatan sendiri, artinya dibuat dengan daftar bahan yang Anda bisa membuatnya sendiri," kata dia.

Sebagian besar nugget ayam cepat saji digoreng. Makanan yang digoreng tidak optimal untuk kesehatan yang baik, tetapi sebuah makalah pada 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menawarkan lebih banyak wawasan. 

Di dalamnya, para peneliti mengatakan ada bukti kuat yang menunjukkan hubungan antara konsumsi gorengan yang lebih tinggi (empat kali atau lebih per pekan) dan risiko penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung.

Jika Anda mencoba untuk sadar kesehatan, tetapi masih ingin makan nugget ayam sesekali, pertimbangkan untuk mencoba yang tidak digoreng. Itu berarti jika Anda membuat nugget ayam di rumah, memanggang adalah pilihan lebih baik.

Salah satu opsi yang memberi Anda kendali penuh atas kesehatan nugget Anda adalah membuatnya sendiri. Anda akan menemukan banyak resep sehat secara daring, termasuk pilihan ayam dan nabati. Untuk nugget ayam, Anda bisa mulai dengan dada ayam organik yang dipanggang di oven, dilapisi dengan tepung roti kaya nutrisi yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung kacang herbed atau oat giling. Versi nabati dapat dibuat dengan tahu atau bahkan buncis sebagai dasarnya.

Intinya, jawaban apakah nugget ayam sehat atau tidak, itu tergantung Anda. Bagi sebagian orang, nugget ayam bisa menjadi makanan yang umum saat pandemi. Jangan lupa untuk mengombinasikan nugget ayam dengan porsi sayuran yang banyak untuk melengkapi nutrisi dan meningkatkan asupan serat Anda.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA