Rabu 28 Jul 2021 14:51 WIB

KRI Dr Soeharso Dukung Suplai Oksigen Medis di Semarang

Bantuan oksigen bakal disalurkan secara cuma-cuma kepada faskes RS dan masyarakat.

Rep: S Bowo Pribadi / Red: Agus Yulianto
Pangkoarmada II Laksamana Muda (Laksda) TNI Dr Iwan Isnurwanto
Foto: Dispenal
Pangkoarmada II Laksamana Muda (Laksda) TNI Dr Iwan Isnurwanto

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Oksigen bagi kebutuhan medis bantuan dari TNI AL, telah tiba di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (28/7). Bantuan oksigen yang bakal disalurkan secara cuma-cuma kepada fasilitas kesehatan (faskes) rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan tersebut diangkut menggunakan KRI dr Soeharso.

Kapal TNI AL dengan nomor lambung 990 tersebut, saat ini telah membuang jangkar dan bersandar di dermaga samudera 02, kompleks Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Nantinya, para kru KRI dr Suharso tersebut akan melayani isi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis di rumah sakit maupun masyarakat umum tanpa dipungut biaya alias gratis.

Informasi yang dihimpun dari Penerangan Pangkalan Angkatan Laut (Pen Lanal) Semarang, KRI dr Soeharso merupakan salah satu armada dari Markas Komando Armada II di Surabaya. Kapal tersebut khusus diperskapkan TNI AL untuk membantu suplai oksigen bagi kebutuhan penanganan Covid-19, baik untuk rumah sakit maupun kepada warga isoman yang membutuhkan oksigen.

“Karena Kapal Bantu Rumah Dakit tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas generator untuk memproduksi oksigen,” ungkap Pangkoarmada II, Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto, dalam keteranga pers melalui Pen Lanal Semarang.

KRI dr Soharso, ujarnya, mampu memproduksi oksigen untuk tabung oksigen ukuran 6.000 liter sebanyak 25 tabung per 24 jam. Sedangkan yang ukuran 1.500 liter bisa memproduksi 65 tabung per 24 jam.

Sehingga, kata dia, oksigen yang diproduksi tesebut dapat dibagikan kepada seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 maupun membantu isi ulang oksigen bagi kebutuhan masyarakat yang sedang membutuhkan.

Diharapkan, masyarakat Kota Semarang maupun daerah lain di sekitarnya, bisa memanfaatkan pengisian tabung oksigen gratis bantuan TNI AL tersebut, bagi kebutuhan penanganan pasien Covid19. Terlebih permintaan oksigen untuk kebutuhan penanganan pasien maupun masyarakat yang terpapar Covid-19 hingga saat ini masih terus meningkat, tak terkecuali di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya.

“Melalui dukungan TNI AL tersebut, diharapkan akan bisa menjadi salah satu solusi bagi kebutuhan oksigen medis yang sangat dibutuhkan untuk penanganan pasien Covid-19, di Kota Semarang maupun daerah lain di sekitarnya,” ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement