Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Studi: Latihan Pernapasan Dapat Turunkan Tekanan Darah

Rabu 28 Jul 2021 13:14 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

mengukur tekanan darah. Latihan lima menit dengan perangkat IMST diyakini ahli bisa turunkan tekanan darah

mengukur tekanan darah. Latihan lima menit dengan perangkat IMST diyakini ahli bisa turunkan tekanan darah

Foto: Simple Wikipedia
Latihan lima menit dengan perangkat IMST diyakini ahli bisa turunkan tekanan darah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi mengungkapkan melatih otot-otot pernapasan anda selama lima menit dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah Anda. Sehingga diimbau agar masyarakat selalu melatih pernapasan setiap harinya.

Dilansir dari insider.com,para peneliti di Universitas Colorado Boulder dan Universitas Arizona menilai jika High-Resistance Inspiratory Muscle Strength Training (IMST), yang merupakan perangkat yang mengharuskan Anda untuk menarik napas melawan resistensi untukmeningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Dalam penelitian kecil, yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, 18 peserta menggunakan perangkat IMST dengan resistensi dan separuh lainnya menggunakan perangkat tanpa hambatan.

Setelah menghirup 30 kali menggunakan perangkat enam hari seminggu selama enam minggu, peserta yang menggunakan IMST dengan resistensi telah turun, rata-rata sembilan milimeter merkuri dalam tekanan darah sistolik, yang mengukur tekanan pada arteri saat jantung berdetak."Tampaknya berubah, untuk semua parameter yang diuji, ke arah yang baik," kata Profesor Bedah Kardiotoraks di Yale School of Medicine John Elefteriades.

Kemudian, ia melanjutkan penurunan tekanan darah dari IMST sama efektifnya dengan beberapa obat penurun tekanan.  Terlebih lagi, penurunan sembilan poin dari IMST mengurangi tekanan darah lebih dari berjalan 30 menit sehari lima hari seminggu.

Para peneliti juga menemukan bahwa kelompok perlakuan memiliki kadar oksida nitrat yang lebih tinggi, yang memperlebar pembuluh darah.

Diketahui, lebih dari seratus juta orang Amerika memiliki tekanan darah tinggi. Sekitar 103 juta orang di Amerika Serikat (AS) memiliki tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Sementara itu, Penulis Studi dan Asisten Profesor Penelitian di Departemen Fisiologi Integratif Universitas Colorado Boulder, Daniel Craighead mengatakan perangkat tersebut dapat membantu jutaan orang Amerika dengan tekanan darah tinggi, terutama bagi mereka yang tidak punya waktu untuk berolahraga.

"Ada kemungkinan besar orang yang tidak punya waktu untuk berolahraga lebih lama, 30 menit atau lebih sehari, mungkin bisa melakukan ini dan melihat beberapa manfaat pada tekanan darah," kata dia.

Meskipun penelitian ini berskala kecil, ia yakin perangkat itu dapat membantu orang mengurangi tekanan darah mereka.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA