Rabu 28 Jul 2021 16:30 WIB

Bandara Internasional Abu Dhabi Dipenuhi Karya Seni

Bandara Internasional Abu Dhabi Dipenuhi Karya Seni Pemenang Lomba

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Bandara Internasional Abu Dhabi Dipenuhi Karya Seni
Foto: Gulf today
Bandara Internasional Abu Dhabi Dipenuhi Karya Seni

IHRAM.CO.ID,ABU DHABI -- Sebuah kompetisi desain grafis digelar pada Juni lalu oleh Institut Français di UEA, JCDecaux (perusahaan periklanan luar ruang seluruh dunia), Bandara Abu Dhabi dan BB Media. Sembilan pemenang ajang tersebut kini dapat melihat karyanya ditampilkan di Bandara Internasional Abu Dhabi.

Inisiatif ini dilakukan para mitra dalam rangka mendukung dan menggarisbawahi kehidupan budaya di Abu Dhabi. Mereka mengubah bandara menjadi museum terbuka pertama, menggunakan papan iklan luar ruang milik JCDecaux.

Baca Juga

Dilansir di Gulf Today, Rabu (28/7), publik diminta untuk membuat visual mutakhir dengan menjawab pertanyaan: “Bagaimana kita akan bepergian di masa depan?”. Kompetisi ini menginspirasi banyak pelamar dari seluruh UEA.

Kesembilan pemenang tersebut terdiri dari tiga anak-anak (6-12 tahun), tiga remaja (12-18 tahun), dan tiga dewasa. Mereka dihadiahi dengan pameran karya seni di 70 papan iklan luar ruang Bandara Internasional Abu Dhabi, landmark ikonik di ibu kota UEA, dari 14 Juli hingga akhir Agustus.

Salah satu dewan juri adalah Duta Besar Prancis untuk UEA, Xavier Chatel. Ia menyampaikan selamat kepada para pemenang. Semua pihak dinilai telah berhasil mengerahkan keterampilan artistik mereka dan menggunakan imajinasinya untuk menciptakan karya seni yang mengesankan.

"Saat kami merayakan Bastille Prancis hari ini (14 Juli), upacara yang indah menjadi kesempatan luar biasa untuk merayakan persahabatan antara UEA dan Prancis, serta pentingnya kedua negara kami melekatkan pada budaya, kreasi, dan inovasi," kata dia.

Chief Commercial Officer Abu Dhabi Airports, Francois Bourienne, menyebut Bandara Abu Dhabi dengan senang hati memungkinkan perayaan seni dan budaya diselaraskan dalam infrastruktur penerbangan terkemuka emirat ini.

"Di Bandara Abu Dhabi, kami secara konsisten berusaha memberikan pengalaman yang bisa dibayangkan ulang, mengubah gambaran perjalanan bagi penumpang yang menggunakan fasilitas kami," kata dia.

Lebih lanjut, ia menyebut pihaknya berharap instalasi artistik yang ada dapat menyenangkan dan menginspirasi wisatawan yang menggunakan fasilitas bandara mereka. Selanjutnya, pelancong diharap terus memilih Bandara Internasional Abu Dhabi sebagai salah satu bandara terkemuka di kawasan tersebut.

Di sisi lain, CEO JCDecaux Timur Tengah dan Afrika, Martin Sabbagh, menyebut pihaknya bahagia menjadi bagian dan penggagas inisiatif program 'Pamerkan karya seni Anda di Bandara Internasional Abu Dhabi'. Pihaknya merasa bangga dapat menyediakan aset iklannya untuk seniman profesional dan amatir UEA.

"Kontes ini sangat sejalan dengan misi kami, mengingat mobilitas dan keberlanjutan adalah dua tema utama dari strategi inovasi kami. Kami sangat bersemangat mempromosikan proyek premier dunia ini dengan mitra kami, mengubah Bandara Internasional Abu Dhabi menjadi museum terbuka untuk komunitas lokal," ujar dia.

Inisiatif ini diluncurkan bersamaan dengan Hari Nasional Prancis, yang jatuh pada 14 Juli. Di hari yang sama, peringatan 50 tahun persahabatan Emirat-Prancis juga dirayakan. Sembilan pemenang ini nantinya akan memamerkan karya seni mereka di acara tertentu di Paviliun Prancis selama Expo2020.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement