Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Kanada Lantik Wanita Pribumi Sebagai Gubernur Jenderal

Rabu 28 Jul 2021 01:29 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih

(Ilustrasi) Bendera Kanada

(Ilustrasi) Bendera Kanada

Foto: wikipedia.org
Mary Simon yang merupakan advokat komunitas Inuit jadi gubernur jenderal Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Kanada mengangkat seorang wanita pribumi sebagai gubernur jenderal pada Senin (26/7). Perdana Kanada Menteri Justin Trudeau menunjuk Mary Simon yang merupakan mantan jurnalis, duta besar, dan advokat komunitas Inuit untuk menjadi wakil kepala negara di Kanada awal bulan ini.

Simon adalah orang pribumi pertama yang mengambil peran tersebut. Penunjukkan Simon terjadi saat Kanada bergulat untuk memperbaiki perlakuannya terhadap masyarakat adat.

"Kami membutuhkan orang-orang seperti Simon karena kami membutuhkan orang-orang yang membangun jembatan dan menyatukan kami," kata Trudeau.

Sejak Mei, ratusan kuburan anak-anak yang tidak bertanda telah ditemukan di bekas sekolah perumahan. Sistem sekolah perumahan dijalankan untuk anak-anak pribumi yang dipisahkan secara paksa dari keluarga mereka. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi menyebut sistem sekolah perumahan itu sebagai genosida budaya.

"Saya telah mendengar dari warga Kanada yang menggambarkan kemungkinan baru bagi negara kami dan berharap saya dapat menyatukan mereka," kata Simon.

Upacara pelantikan Simon disiarkan secara langsung oleh Canadian Broadcasting Corp. Upacara pelantikan itu juga disiarkan dalam bahasa Inuktitut.

Dalam pemerintahan, gubernur jenderal secara resmi dapat menandatangani undang-undang. Selain itu, gubernur jenderal juga menjadi panglima tertinggi militer dan dapat memanggil atau membubarkan parlemen.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA