Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Mual Setelah Olahraga? Ini Cara Mengatasinya

Kamis 29 Jul 2021 04:55 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Seroang warga berolahraga di Danau Sunter, Jakarta Utara, Selasa (27/7/2021). Ketahui cara mengatasi mual setelah berolahraga.

Seroang warga berolahraga di Danau Sunter, Jakarta Utara, Selasa (27/7/2021). Ketahui cara mengatasi mual setelah berolahraga.

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pegal setelah berolahraga termasuk hal biasa, tidak demikian dengan mual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa pegal setelah berolahraga mungkin merupakan hal yang biasa terjadi. Akan tetapi, tidak halnya dengan mual pascaberolahraga.

Ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan seseorang merasa mual dan bahkan muntah setelah berolahraga. Salah satu di antaranya adalah makan sebelum berenang atau melakukan olahraga intens.

Berenang dan olahraga intens lain dapat membuat jantung, paru-paru dan otot membutuhkan lebih banyak volume darah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tubuh akan secara otomatis mengalihkan pasokan darah ke organ-organ vital tersebut.

Akibatnya, proses lain seperti pencernaan akan "dikesampingkan". Di sisi lain, sudah ada makanan yang masuk ke dalam lambung dan usus sehingga organ-organ ini juga membutuhkan pasokan darah. Kondisi ini yang kemudian memicu rasa mual setelah berolahraga.

Melakukan rutinitas olahraga yang baru juga kerap memicu mual setelahnya. Hal ini terjadi karena seseorang cenderung terlalu antusias ketika melakukan rutinitas olahraga yang baru dan memaksakan diri hingga melewati batas.

Cuaca juga turut berperan dalam memunculkan perasaan mual setelah berolahraga. Berolahraga di cuaca yang panas dan area yang lembap dapat memicu rasa mual. Alasannya, saat berolahraga suhu tubuh akan meningkat sehingga dibutuhkan ruangan yang lebih sejuk untuk mengimbangi situasi tersebut.

Hal lain yang dapat memunculkan perasaan mual setelah berolahraga adalah kurang asupan cairan. Upayakan untuk tetap minum air putih di sela-sela sesi berolahraga agar tubuh tidak dehidrasi setelahnya.

Yang juga tak boleh diabaikan adalah jadwal makan. Perut yang berada dalam situasi kosong terlalu lama sebelum olahraga juga dapat memicu rasa mual. Idealnya, konsumsi makanan sekitar empat atau paling tidak dua jam sebelum berolahraga agar terhindari dari rasa mual.

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin belum terdiagnosis juga bisa menjadi penyebab seseorang merasa mual setelah berolahraga. Beberapa di antaranya adalah diabetes dan masalah pencernaan. Coba konsultasi dengan dokter bila keluhan mual setelah berolahraga tak kunjung membaik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA