Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Jadi Penjahat Baru di MCU, Siapa Sebenarnya Kang?

Selasa 27 Jul 2021 20:12 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Karakter Kang the Conqueror yang diperankan oleh Jonathan Majors (tengah) dalam serial

Karakter Kang the Conqueror yang diperankan oleh Jonathan Majors (tengah) dalam serial "Loki".

Foto: Disney+/MCU
Sosok Kang the Conqueror muncul pertama kali di serial "Loki" episode 6.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Jonathan Majors berperan sebagai Kang the Conqueror untuk film Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang akan tayang pada 2023. Namun, dia telah melakukan debutnya di serial "Loki" episode 6. 

Sudah jelas sejak lama bahwa Multiverse adalah pusat narasi Fase 4 MCU, melalui sekuel Doctor Strange yang dijanjikan akan dieksplorasi. Serial "Loki" dibintangi oleh aktor Tom Hiddleston sebagai God of Mischief, atau lebih tepatnya sebagai tipe lain dari Loki yang diciptakan sebagai hasil dari perjalanan waktu Avengers. Dia ditangkap oleh Time Variance Authority (TVA) dan diadili atas kejahatan terhadap "Garis Waktu Suci".

Loki akhirnya mengetahui bahwa garis waktu itu secara alami sudah kacau. Setiap momen memiliki potensi untuk menciptakan apa yang disebut Peristiwa Nexus, sebuah realitas bercabang. Hasilnya adalah perang Multiversal. Para pemenang konflik itu memberlakukan perintah pada garis waktu, menetapkan TVA untuk memangkas cabang sebelum Multiverse lain bisa dibuat.

"Loki" episode 6 secara resmi memperkenalkan Jonathan Majors kepada pemirsa sebagai He Who Remains yang mengungkapkan bahwa konflik Multiversal telah dipicu oleh berbagai tipe lain dari dirinya. Kematiannya berarti memulihkan Multiverse tapi akan lebih banyak muncul tipe dirinya, yang semuanya akan bersaing untuk mendapatkan supremasi.

Dalam komik, Kang the Conqueror dimulai sebagai Nathaniel Richards, nenek moyang Reed Richards dan Sue Storm dari Fantastic Four. Dia lahir pada abad ke-30, saat dunia dipenuhi dengan kekerasan. Kang membawa perdamaian dengan menaklukkan planet ini. Ketika dia memperoleh akses ke mesin waktu, Kang mulai memperluas penaklukannya, dan sering mengambil identitas lain seperti Immortus, Centurion Scarlet, atau Firaun Rama-Tut.

Perjalanan waktu Kang pada dasarnya mengubahnya menjadi peristiwa ruang-waktu yang kompleks dengan caranya sendiri. Garis waktu telah berubah di sekelilingnya berkali-kali. Dia tidak terlalu peduli dengan hukum waktu dan sering berinteraksi dengan sejarah pribadinya sendiri.

Kang the Conqueror berasal dari abad ke-30, masa ketika umat manusia telah belajar untuk meningkatkan kualitas fisiknya dalam hal kekuatan dan kecepatan. Dia adalah seorang jenius yang tak tertandingi dan juga ahli taktik yang sangat terampil.

Dia mampu menaklukkan seluruh abad ke-30, dan memperluas penaklukannya melalui waktu ke dimensi yang dikenal sebagai Limbo, yang mungkin merupakan analog dari Quantum Realm di MCU. Sayangnya, kekuatan terbesar Kang (tekadnya yang tak kenal lelah dan kemauan yang gigih) justru sering menjadi kelemahan terbesarnya.

Sekarang jelas, Kang the Conqueror adalah kekuatan utama yang harus diperhitungkan dalam busur Multiverse Marvel yang sedang berkembang. Menurut He Who Remains, tipe-tipe dari Kang bertanggung jawab atas perang Multiversal pertama, dan adegan akhir "Loki".

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA