Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Menanti Comeback Van Dijk

Rabu 28 Jul 2021 05:02 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar

Virgil van Dijk

Virgil van Dijk

Foto: EPA-EFE/Michael Regan
Absennya Van Djik ternyata memberikan bolong besar di sektor pertahanan Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID, MRSEYSIDE -- Sudah lama Liverpudlian tak menyaksikan aksi Virgil van Dijk. Defender andalan milik Liverpool itu telah mengalami cedera ligamen anterior kaki kanannya saat melawan Everton pada Oktober tahun lalu saat berbenturan dengan Jordan Pickford dalam pertandingan bertajuk derby Merseyside.

Cedera itu membawanya larut pada istirahat panjang. Ia hanya bisa tampil lima pertandingan saja di kompetisi Liga Primer Inggris musim lalu. Semua itu dijalaninya karena ia harus menjalani operasi dan rehabilitasi cedera. Sejak saat itu, ia tak pernah absen membela Liverpool.

Absennya Van Djik ternyata memberikan bolong besar di sektor pertahanan klub Merseyside tersebut. Hilangnya Van Dijk di jantung pertahanan ditengarai menjadi pemicu terseok-seoknya the Reds pada musim lalu.

Namun pada akhirnya, pasukan Juergen Klopp itu cukup beruntung karena bisa menuntaskan kompetisi Liga Inggris pada posisi empat besar yang membuat mereka berhak lolos ke zona Liga Champions.

Terseoknya laju Liverpool ini memang cukup masuk akal karena kapten timnas Belanda tersebut merupakan pilar kokoh di lini belakang klub. Situasi itu kian diperparah karena beberapa pemain utama Liverpool juga dihantam badai cedera yang menambahkan keterpurukan mereka.

Kini, kabar baik itu sudah tiba. Van Dijk dilaporkan Sudah mulai berlatih dan siap beraksi di lapangan kembali. Ia dipastikan akan tampil dalam laga pramusim melawan Hertha Berlin, Kamis (29/7). Tentu ini kabar yang sangat menggemberikan bagi penggemar dan juga seluruh penggawa tim.

“Dia terlihat sangat bagus dalam latihan dan mungkin kami bisa mendatangkannya. Dia terlihat siap dan kita akan lihat nanti,” kata pelatih Liverpool Jurgen Klopp, dilansir dari the Guardian, Selasa (27/7).

Tubuhnya tegap dan tinggi membuat ia tampak seorang penjaga pertahanan yang ideal. Duel bola udara jelas akan diuntungkan dengan tubuh tingginya. Van Dijk juga lihai dalam melakukan tekel kepada lawan yang hendak menusuk ke area pertahanan Liverpool.

Pemain bertinggi 1,93 meter itu juga jeli membaca arah bola serta mempunyai ketenangan di atas rata-rata. Sebab itu, Liverpool sangat kehilangan kekuatannya ketika dia absen lama. Ia layaknya algojo di pertahanan di depan kiper yang membuat lawan cukup ketakutan menembus area penalti.

Sepertinya kekuatan Liverpool akan kembali seperti semula, ketika mereka mendominasi Liga Inggris dan Liga Champions. Rekan bek Van Dijk, Joe Gomez juga lama absen karena cedera lutut punya peluang besar kembali bermain di pertandingan pramusim melawan Athletic Bilbao pada 8 Agustus di Anfield.

Klopp mengatakan pertandingan tersebut bagian dari program pemulihan cedera Van Dijk dan Gomez. Klopp menantikan keduanya kembali berduet di lini belakang. Pelatih asal Jerman tersebut mengeklaim keduanya mempunyai hubungan yang sangat dekat.

“Jika Van Dijk bisa bermain sekarang 20 (menit) maka sangat mungkin Joey juga bisa bermain setelahnya,” ujar Klopp.

Liverpool memang sudah mendapatkan bek baru ketika keduanya cedera yaitu Ben Davies dan Ozan Kabak yang dibelinya pada musim dingin lalu. Tapi niat klub tampak pembelian mereka hanya sebagai alternatif yang mendesak saat krisis bek.

Namun cerita akan berbeda ketika Van Dijk dan Gomez kembali dan mungkin Klopp akan kembali ke formasi semula yaitu memasang Van Dijk dan Gomez sebagai pemain inti.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA