Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

3.179 Karyawan Petrokimia Gresik Terima Vaksin Covid-19

Selasa 27 Jul 2021 18:41 WIB

Red: Agus raharjo

Peserta Program Vaksinasi Gotong Royong Petrokimia Gresik sedang mengantre pemeriksaan sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19, di Auditorium Pendidikan dan Pelatihan, Senin (26/7).

Peserta Program Vaksinasi Gotong Royong Petrokimia Gresik sedang mengantre pemeriksaan sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19, di Auditorium Pendidikan dan Pelatihan, Senin (26/7).

Foto: Istimewa
Pemberian vaksin mendukung pencapaian target satu juta vaksinasi dari pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK—Petrokimia Gresik memulai program Vaksin Gotong-Royong (VGR) untuk karyawan dan keluarga, Senin (26/7) kemarin. Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, mengatakan, sebanyak 3.179 karyawan beserta keluarga mereka akan mendapat vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi direncanakan digelar selama empat pekan di Auditorium Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Petrokimia Gresik, Jawa Timur. Dwi Satriyo menuturkan, program VGR ini merupakan tindak lanjut dari arahan Pupuk Indonesia selaku holding dalam menjalankan amanat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

“Melalui program ini, perusahaan ingin membantu pemerintah melakukan akselerasi cakupan vaksinasi Covid-19, sehingga terbangun herd immunity (kekebalan kelompok)," ujar Dwi Satriyo dalam keterangan, Selasa (27/7).

Petrokimia Gresik bekerja sama dengan Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) sebagai vaksinator dalam pelaksanaan program VGR. Target vaksinasi adalah karyawan Petrokimia Gresik yang belum sempat mengikuti vaksinasi yang digelar Kementerian BUMN. Dwi Satriyo menjelaskan, jenis vaksin yang digunakan dalam program VGR ini berbeda dengan vaksin yang digunakan pemerintah untuk program vaksinasi gratis.

Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinopharm yang telah mendapat persetujuan berdasarkan uji klinis. “Program Vaksinasi Gotong Royong ini tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi gratis yang sedang dijalankan oleh pemerintah, justru akan membantu mempercepat pencapaian target pemerintah yakni satu juta vaksin perhari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dwi Satriyo menjelaskan pelaksanaan Program VGR ini telah memenuhi syarat sebagai pos pelayanan vaksinasi dan telah mengacu pada standar pelayanan dan standar prosedur operasional sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi. “Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, sehingga data pemberian vaksin tetap terintegrasi dengan data pemerintah,” tegas Dwi Satriyo.

Ke depan, Petrokimia Gresik akan menyelenggarakan Batch II Program Vaksinasi Gotong Royong yang akan diikuti karyawan dan keluarga Anak Perusahaan Petrokimia Gresik. "Secara prinsip, Petrokimia Gresik senantiasa mendukung upaya pemerintah yang bertujuan agar kita semua dapat segera lepas dari pandemi ini," tutur Dirut Petrokimia Gresik ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA