Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Gernas Vaksinasi Massal di Tanjung Emas Capai 1.775 Vaksin.

Selasa 27 Jul 2021 16:24 WIB

Red: Agus Yulianto

Gelaran vaksinasi massal bagi pekerja Pelabuhan Tanjung Emas dan calon penumpang yang dimulai sejak tanggal 11 Juni 2021 kini sudah mencapai 1.775 vaksin.

Gelaran vaksinasi massal bagi pekerja Pelabuhan Tanjung Emas dan calon penumpang yang dimulai sejak tanggal 11 Juni 2021 kini sudah mencapai 1.775 vaksin.

Foto: Istimewa
Gelaran vaksinasi massal ini bagi menyasar pekerja pelabuhan dan calon penumpang,

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG EMAS -- Upaya pemerintah untuk mewujudkan terciptanya kekebalan imunitas (herd immunity) dengan menggenjot vaksinasi, ditindak lanjuti oleh unsur maritim di Pelabuhan Tanjung Emas. Gelaran vaksinasi massal bagi pekerja Pelabuhan Tanjung Emas dan calon penumpang yang dimulai sejak tanggal 11 Juni 2021 kini sudah mencapai 1.775 vaksin.

Dari data di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang, per Senin (26/7), 819 vaksin tahap ke 2 telah diberikan. Selebihnya 956 vaksin masih di tahap I.

Kepala KSOP Kelas 1 Tanjung Emas, M Tohir, mengapresiasi, kesadaran masyarakat khususnya para pekerja di lingkup Pelabuhan Tanjung Emas untuk melaksanakan vaksinasi. "Kegiatan Vaksinasi di Tanjung Emas ini merupakan kerja bareng semua unsur maritim, baik instasi pemerintah, TNI, Polri, BUMN hingga semua Assosiasi di Pelabuhan Tanjung Emas. Kegiatan ini juga wujud kepedulian terhadap pelaku maupun pekerja di Tanjung Emas dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan mensukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional," ujar M Tohir dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (27/7). 

Vaksinasi yang dilakukan unsur maritim Pelabuhan Tanjung Emas ini akan berlangsung hingga masa PPKM berakhir. Hal itu mengutip dari pernyataan Kepala KKP Semarang, dr. Ariyanti. 

"Sesuai SE PPKM Level 4, vaksinasi bagi calon pnp  berakhir 2 Agustus 2021. Sementara untuk target pekerja di pelabuhan, semua pekerjanya sudah di vaksinasi kedua kecuali yang sedang sakit atau penyintas di reschedule." ujarnya.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di Gedung Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas dimana sarana dan prasarana didukung oleh PT Pelindo III Regional Jawa Tengah. Sementara untuk petugas vaksinator dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang dan dari Balai Kesehatan Lanal Semarang. 

Untuk pengamanan dan penertiban saat vaksinasi dilaksanakan oleh petugas dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas yang didukung sepenuhnya oleh petugas dari Lanal Semarang, KSOP Tanjung Emas dan Petugas Pengamanan dari PT. Pelindo III.

Antusiasme yang tinggi adanya Vaksinasi ini juga datang dari para pengemudi exspedisi muatan kapal laut yang biasa mengangkut bahan-bahan sembako yang dikirim dari Jawa Tengah ke kota-kota di Pulau Kalimantan. Mereka tidak perlu repot-repot hanya dengan menunjukkan KTP bisa mendaftar Vaksinasi. 

Sebagai tambahan informasi bahwa kegiatan ini mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyempatkan mengunjungi Tanjung Emas pada tanggal 11 Juni 2021 yang lalu bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA