Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Melepas Varane Jadi Bagian Rencana Madrid Rekrut Mbappe

Selasa 27 Jul 2021 16:12 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Bintang timnas Prancis dan PSG, Kylian Mbappe.

Bintang timnas Prancis dan PSG, Kylian Mbappe.

Foto: CHRISTOPHE PETIT TESSON/EPA
Real Madrid sadar mendatangkan Mbappe akan memakan dana transfer yang cukup besar.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan Manchester United terkait kepindahan bek tengah asal Prancis, Raphael Varane. United disebut-sebut siap memenuhi permintaan nilai transfer Los Blancos dalam transfer Varane, yang dikabarkan mencapai 50 juta euro.

Penjualan bek tengah berusia 28 tahun ini ternyata menjadi salah satu bagian dalam rencana besar Madrid untuk bisa mendatangkan penyerang Paris Saint Germain (PSG), Kylian Mbappe. Kucuran dana segar dari nilai transfer Varane tersebut dinilai bisa menambah modal buat Los Blancos untuk menebus Mbappe dari PSG.

''Pada jendela transfer musim panas kali ini, Madrid kemungkinan besar tidak akan mendatangkan pemain anyar, kecuali peluang mendatangkan Mbappe. Jika Madrid berniat memecahkan rekor transfer dengan perekrutan Mbappe, maka mereka harus melepas sejumlah pemain. Penjualan Varane menjadi salah satu langkah besar ke arah tersebut,'' tulis laporan Marca, Selasa (27/7).

Kendati begitu, penjualan Varane hanya menjadi satu dari sejumlah langkah yang diambil Madrid untuk bisa merekrut top skorer Ligue 1 Prancis dalam tiga musim terakhir tersebut. Keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak Sergio Ramos ternyata juga memiliki arti penting dalam rencana tersebut. Dengan kepergian Ramos, Madrid menghemat sekitar 15 juta euro di neraca keuangannya, terutama dalam pos gaji pemain.

Kendati kehilangan dua bek tengah, Madrid juga sepertinya tidak perlu mendatangkan bek tengah anyar. David Alaba, yang direkrut dengan status free transfer diketahui bisa ditempatkan sebagai bek tengah. Pun dengan tren positif penampilan yang ditunjukkan Nacho dan Eder Militao pada musim lalu.

Madrid hanya membutuhkan satu lagi bek tengah untuk menjadi pelapis. Sejumlah pemain dari tim junior, seperti Victor Chust, Mario Gila, atau Jesus Vallejo, sudah siap dipromosikan. ''Hal ini ternyata menjadi bagian dari rencana Madrid,'' lanjut laporan Marca.

Madrid juga cenderung berhati-hati dan cermat dalam berbelanja pemain di jendela transfer musim panas kali ini. Ketimbang mendatangkan pemain anyar, Madrid lebih memilih memperpanjang kontrak Lucas Vazquez, yang memiliki gaji yang relatif lebih rendah dibanding dengan mendatangkan pemain baru.

Tidak berhenti sampai di situ, kondisi keuangan Los Blancos juga relatif cukup kuat. Kendati sempat terimbas pandemi Covid-19, Madrid mencatatkan profit sebesar 874 ribu euro di tahun anggaran terakhir.

Madrid pun sadar, mendatangkan Mbappe akan memakan dana transfer yang cukup besar. PSG dikabarkan hanya mau melepas pemain yang masih terikat kontrak hingga 2022 itu dengan banderol transfer sebesar 180 juta euro.

''Karena itu, penjualan Varane dengan nilai transfer yang cukup besar merupakan langkah besar yang telah diambil Madrid dalam upaya merekrut Mbappe,'' lanjut laporan Marca itu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA